Internasional

5 Keluarga Kerajaan Tertajir di Bumi, Arab Nomor Berapa?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
24 November 2022 15:30
Pertandingan Piala Dunia antara Argentina Melawan Arab Saudi MBS bersujud Syukur atas kemenangan Arab 2-1 kemarin. (Instagram @mohammed_bin_salman_ksa) Foto: Pertandingan Piala Dunia antara Argentina Melawan Arab Saudi MBS bersujud Syukur atas kemenangan Arab 2-1 kemarin. (Instagram @mohammed_bin_salman_ksa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Negara yang berbentuk kerajaan seringkali identik dengan kekayaan keluarga kesultanannya. Kekayaan itu pun telah diwarisi dari awal pembentukan kerajaan.

Dalam laporan South China Morning Post (SCMP), ada beberapa keluarga kerajaan yang memiliki kekayaan hingga triliunan dolar Amerika Serikat (AS). Berikut 5 keluarga kerajaan terkaya di dunia:

1. Arab Saudi (Rp 21 ribu triliun)

Keluarga Kerajaan Saudi memiliki 15 ribu anggota. Secara kolektif, Kerajaan Arab Saudi memiliki kekayaan hingga US$ 1,4 triliun atau setara Rp 21 ribu triliun.

Raja Saudi, Salman Bin Abdulaziz Al Saud, telah memerintah sejak 2015 dan diyakini memiliki kekayaan sebesar US$ 18 miliar atau Rp 281 triliun. Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Salman (MBS) baru-baru ini menandatangani saham Saudi Investment Fund senilai US$ 2 miliar di perusahaan baru Jared Kushner.

2. Kuwait (Rp 5.620 triliun)

Keluarga Sabah telah memerintah Kuwait sejak 1752 dan dikenal dengan investasi besar di perusahaan-perusahaan blue-chip besar di AS. Keluarga kerajaan diyakini terdiri dari sekitar 1.000 anggota dan saat ini dipimpin oleh Syekh Nawaf Al-Ahmad Al-Sabah, yang naik tahta pada tahun 2020 setelah kematian saudara tiri Syekh Sabah IV Ahmad Al Jaber Al Sabah.

Keluarga kerajaan Kuwait diperkirakan bernilai US$ 90 miliar pada tahun 1991, tetapi karena saham dan saham mereka telah melonjak nilainya, keluarga tersebut bernilai sekitar US$ 360 miliar (Rp 562 triliun) saat ini.

3. Qatar (Rp 5.230 triliun)

Negara yang dikuasai keluarga Al Thani ini memiliki investasi di berbagai properti di seluruh dunia, termasuk gedung pencakar langit Shard London, department store Olympic Village dan Harrods, serta Empire State Building di New York.

Keluarga yang dipimpin oleh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani ini juga memiliki investasi di Barclays Bank, British Airways, dan perusahaan mobil Volkswagen, sehingga kekayaan kolektif mereka mencapai US$ 335 miliar (Rp 523 triliun).

4. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) (Rp 234 triliun)

Para bangsawan Abu Dhabi dapat melacak pemerintahan regional mereka kembali ke tahun 1793. Kekayaan keluarga yang diperkirakan mencapai US$ 150 miliar sebagian besar datang berasal dari penjualan minyak dari tahun 1970-an

5. Inggris (Rp 137 triliun)

Kerajaan Inggris menduduki posisi ke-5. Raja yang paling lama memerintah di dunia adalah kepala dari keluarga kerajaan terkaya kelima di planet ini.

Sementara sang ratu diperkirakan memiliki kekayaan pribadi sebesar US$ 470 juta (Rp 7,3 triliun), keluarganya sendiri memiliki kekayaan bersih gabungan sebesar US$ 88 miliar (Rp 137 triliun), menurut Forbes.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Alasan Ratu Elizabeth II Harus Minum Es Batu Bulat


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading