Bangun 3 Pelabuhan di Bali, Jokowi Gelontorkan Rp 563 Miliar

News - Hadijah Alaydrus, CNBC Indonesia
10 November 2022 07:25
Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah infrastuktur yang ada di Provinsi Bali, pada Rabu, 9 November 2022. Sejumlah infrastruktur yang diresmikan terdiri atas Gedung VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan tiga pelabuhan yang tersebar di Provinsi Bali. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah infrastuktur yang ada di Provinsi Bali, pada Rabu, 9 November 2022. Sejumlah infrastruktur yang diresmikan terdiri atas Gedung VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan tiga pelabuhan yang tersebar di Provinsi Bali. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Badung, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo meresmikan Pelabuhan Sanur, dan Pelabuhan Sampalan serta Pelabuhan Bias Munjul, akan melengkapi konektivitas transportasi di kawasan segitiga emas, Sanur, Nusa Penida, Nusa Ceningan. Adapun, total biaya pembangunan pelabuhan ini mencapai Rp 563 miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster selepas peresmian gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Rabu (9/11/2022).

Wayan mengungkapkan pembangunan ketiga pelabuhan tersebut tepat waktu, bahkan untuk Pelabuhan Sampalan sudah beroperasi sejak enam bulan lalu.

"Dengan arahan dan kebijakan Menteri Perhubungan agar kebijakan ini dioperasionalkan secara profesional karena investasinya cukup tinggi," katanya saat ditemui sejumlah media.

Dengan pelabuhan ini, dia berharap masyarakat dan wisatawan yang ingin berkunjung ke Nusa Penida, bisa memanfaatkan tiga pelabuhan tersebut. Alhasil, dia yakin para wisatawan dalam dan luar negeri dapat dengan nyaman untuk berwisata ke sana.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan sebelum dibangun, pelabuhan ini masih merupakan pelabuhan tradisional dan belum memiliki fasilitas pendukung seperti dermaga, sehingga wisatawan yang mau naik kapal harus masuk ke air di pinggir pantai.

"Setelah dibangun, ketiga pelabuhan ini memiliki wajah baru, lebih nyaman, memiliki fasilitas dermaga dan fasilitas lainnya, dan memenuhi aspek keselamatan," papar Budi Karya dalam kesempatan yang sama.

Pembangunan Pelabuhan Sanur sudah dimulai sejak Desember 2020 dan selesai pada tahun ini. Desain bangunan terminal dibuat oleh arsitek asal Bali, Popo Danes, yang kental nuansa kearifan lokal. Bangunan terminal di desain menyerupai perahu mecadik atau kapal tradisional sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hutama Karya Bangun Empat Paket Pekerjaan Jetty Epc


(haa/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading