Mitra Driver Gojek Kini Bisa Punya Rumah Lewat KPR Subsidi

News - Dwitya Putra, CNBC Indonesia
08 November 2022 19:28
Mitra Gojek Foto: dok Mitra Gojek Saat Akad Jual Beli Rumah

Jakarta, CNBC Indonesia - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) bersama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas), dan Kementerian PUPR memberikan rumah layak huni bagi para mitra driver Gojek di kawasan Solo Raya melalui program KPR Subsidi. Adapun belasan mitra driver pada hari ini telah menerima penyerahan secara resmi surat akad jual-beli rumah tersebut.

Mitra driver diberi kemudahan akses pemilikan rumah dengan sejumlah kemudahan pembiayaan, mulai dari uang muka khusus Rp 2 juta, dan cicilan Rp 885.000 - Rp 1,3 juta per bulan. Rumah yang tersedia bagi para mitra tersebut adalah hunian tipe 27/60 seharga Rp 140 Juta dengan bantuan subsidi keuangan Rp 40 juta.

Head of Indonesia Regions Gojek, Gede Manggala mengatakan, sejak awal Gojek berkomitmen untuk mendorong peningkatan taraf hidup mitra driver dan keluarga di luar pendapatan pokok.

Wujud komitmen tersebut dilakukan secara konsisten melalui program Swadaya yang terdiri dari 3 pilar utama, yaitu meringankan berbagai biaya operasional mitra sehari-hari, melindungi mitra driver dan keluarga dengan program asuransi langsung maupun pilihan mitra sendiri, serta merencanakan kehidupan mitra driver dengan lebih baik melalui berbagai pelatihan dan keterbukaan akses terhadap layanan institusi keuangan.

"Dukungan Gojek melalui program KPR ini merupakan salah satu program dari pilar merencanakan yang bertujuan membantu mitra driver mewujudkan mimpi untuk memiliki rumah melalui program KPR bersubsidi," ujarnya, Selasa (8/11/2022).

Gede menambahkan bahwa program ini dibuat sangat komprehensif dengan mempertimbangkan keberlangsungan dan kesejahteraan mitra dalam jangka panjang,

"Kami merencanakan program ini dengan tujuan jangka panjang mengurangi hambatan yang dihadapi para mitra untuk memiliki penghidupan yang lebih baik. Kami mengapresiasi kolaborasi erat bersama dengan Bank BTN, Perumnas, dan KemenPUPR, yang telah menjadi mitra strategis kami dalam mendukung peningkatan taraf hidup para mitra driver Gojek," jelasnya.

Sementara itu, sebagai integrator utama Program Satu Juta Rumah yang diinisiasi pemerintah, BTN sebagai penyediaan program KPR ini kembali mendukung terbukanya peluang memiliki rumah lebih besar bagi mereka yang sebelumnya belum dapat membeli huniannya sendiri.

Direktur Distribution & Funding Bank BTN, Jasmin menjelaskan latar belakang kerjasama dengan Gojek adalah untuk memperluas fasilitas pembiayaan perumahan kepada masyarakat dari sektor informal. Dirinya menganggap mitra Gojek merupakan pekerjaan yang sangat luar biasa mulia, dan penghasilannya pun jelas.

"Hal ini tentu saja sejalan dengan program pemerintah untuk membantu masyarakat dari berbagai sektor memiliki rumah melalui berbagai program yang telah dijalankan salah satunya BP2BT (Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan)," kata Jasmin.

Jasmin menjelaskan untuk kegiatan di Jeruksawit ini, BTN melakukan akad kredit dengan belasan mitra driver Gojek. Mereka ini telah melalui proses seleksi menjadi nasabah yang layak mendapatkan pembiayaan perumahan.

"Kami menargetkan kerjasama ini berjalan di seluruh wilayah potensial di mana Gojek beroperasi. Secara angka, kami menargetkan sebanyak ratusan ribu mitra driver," katanya.

Sebagai mitra strategis, Perumnas menyediakan hunian berkualitas dengan ketersediaan unit yang terjamin, sehingga mitra driver bisa langsung menempatinya setelah seluruh persyaratan dan proses administrasi dipenuhi. Melalui program ini, Perumnas menyediakan kemudahan akses terhadap rumah layak huni dengan harga yang lebih terjangkau bagi para mitra.

"Samesta Jeruksawit Permai Karanganyar merupakan pilot project dari program kerja sama ini karena keunggulan lokasinya yang sangat strategis di Jawa Tengah dan dekat dengan Tol Gondangrejo, kota Solo," tambah Budi Saddewa Soediro selaku Direktur Utama Perum Perumnas.

Sedangkan Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan RI, Herry Trisaputra Zuna, menyampaikan kolaborasi antara BTN, Gojek, dan Kementerian PUPR dalam peluncuran program KPR BTN untuk Gojek melalui skema BP2BT merupakan salah satu aksi nyata untuk mendorong kepemilikan rumah layak huni dan terjangkau bagi pekerja sektor informal.

"Program ini juga merupakan salah satu strategi percepatan penyaluran KPR bersubsidi khususnya KPR BP2BT bagi MBR sektor informal," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

AirAsia Ride Siap Mengaspal, Pengemudi Ojol Minat Gabung?


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading