FOTO

TV Analog Disuntik Mati, Pedagang TV Digital & STB Laris

News - CNBC Indonesia/Muhammad Sabki, CNBC Indonesia
07 November 2022 18:35
Pemerintah secara resmi telah menghentikan siaran TV analog. Hal ini membuat para pemilik TV 'tabung' mencari alternatif salah satunya beralih ke TV digital.

Sales melayani calon pembeli TV Digital di salah satu mall Transmart di Kawasan Lebak Bulus Jakarta, Senin, (7/11/2022). Pemerintah secara resmi telah menghentikan siaran TV analog pada 2 November beberapa hari lalu. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Hal ini membuat para pemilik TV konvensional itu mencari alternatif lain agar tetap bisa menonton siaran tv, salah satunya yakni beralih ke TV digital.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Vice President Corporate Communications PT. Trans Retail Indonesia Satria Hamid mengatakan, dalam beberapa hari ini terlihat peningkatan jumlah pembeli TV.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Tidak sedikit dari mereka yang membeli dengan alasan beralih dari TV analog, imbas dari kebijakan pemberhentian saluran tv tersebut. "Sejak pengumuman migrasi ke TV digital, Trans Retail hanya menjual TV Digital Smart dan DIgital Non Smart". (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

"Banyak yang ganti juga, penjualan TV digital juga naik. Iya, mereka bilang beralih dari TV analog," kata Hamid saat dihubungi CNBC Indonesia. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Ia mengatakan terjadi penaikan dalam penjualan TV digital "Total Penjualan TV Digital naik lebih dari 30 persen; yang terdiri dari kenaikan diatas 20% untuk TV Digital Smart dan kenaikan 60% untuk TV Digital non Smart" tambahnya. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Selain TV Digital penjualan set top box sebagai digital tuner juga diklaim naik. "Penjulaan set top box sebagai pengganti digital tuner naik sampai 8 kali lipat". (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Darso salah satu pembeli TV Digital mengatakan kalau ia mengganti tv lamanya ke TV batu smart TV. "Saya ganti TV tabung saya di rumah dengan smart tv, meski sudah ada STB saya kurang puas aja alhamdulillah ada rejekinya bisa beli smart tv" kata Darso.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading