MenPANRB Sentil PNS: Banyak Terlihat Sibuk Tapi Tak Produktif

News - Redaksi, CNBC Indonesia
28 October 2022 12:10
Infografis, Pemerintah Buka Lowongan 530.028 ASN Foto: Infografis/ Pemerintah Buka Lowongan untuk PNS/ Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menginginkan agar aparatur sipil negara (ASN) pusat maupun daerah memiliki skala prioritas dalam bekerja. Ini akan membuat kerja efektif dan tolak ukur keberhasilannya lebih jelas.

"Banyak yang terlihat sibuk tapi kurang produktif. Anggaran habis tapi outcome-nya tidak tercapai," kata Anas saat memberikan pengarahan kepada jajaran ASN se-Provinsi Kepulauan Riau, di Tanjungpinang, dikutip Jumat (28/10/2022)

Setiap kepala daerah harus memiliki program prioritas yang sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah dan masyarakatnya. Program tersebut dilakukan untuk menghadirkan pelayanan publik yang dapat dirasakan dampaknya langsung oleh masyarakat.

"Tidak ada gubernur, bupati, maupun wali kota yang sukses jika birokrasinya tidak kompak. Untuk itu setiap kepala daerah, setiap pemda, perlu menentukan skala prioritas," ujarnya.

Skala prioritas menjadi hal wajib yang harus ditentukan oleh kepala daerah. Hal tersebut dikarenakan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat, baik pelayanan dan pembangunan fasilitas publik, terdapat keterbatasan dalam anggaran, kekuasaan, hingga kewenangan yang dimiliki daerah.

"Banyak yang penting, namun kita harus mendahulukan yang genting," jelasnya.

Dengan demikian, harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan birokrasi yang cepat dan lincah bisa terwujud. Birokrasi tidak hanya jadi sekadar tumpukan kertas atau dokumen. Melainkan birokrasi harus bisa bermanfaat dan berdampak nyata bagi masyarakat. Salah satu contoh birokrasi yang berdampak nyata adalah perizinan yang mudah untuk pelayanan, serta transformasi digital dari segala aspek pemerintahan.

"Reformasi birokrasi itu bagian dari urat nadi pelayanan publik. Pencapaian tujuan, program prioritas harapan masyarakat itu akan berjalan dengan baik kalau birokrasinya baik pula," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

'Kiamat PNS' Sudah Terjadi di Banyak Negara, RI Mau Ikutan?


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading