Dolar AS Tembus Rp 15.200

Jokowi Tanggapi Lesunya Rupiah: Mata Uang Lain Lompat-lompat!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
29 September 2022 10:20
Sambutan Presiden Joko Widodon dalam Acara United Overseas Bank (UOB) Economic Outlook 2023 (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Sambutan Presiden Joko Widodon dalam Acara United Overseas Bank (UOB) Economic Outlook 2023 (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyadari pelemahan rupiah yang terjadi belakangan waktu. Kini dolar Amerika Serikat (AS) sudah bertengger di level Rp 15.200.

Menurutnya situasi yang terjadi saat ini dipengaruhi oleh global yang semakin memburuk. Antara lain kebijakan yang ditempuh oleh Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

"Kita tahu hampir semua negara melemah, terkontraksi ekonominya. Tiap hari yang kita dengar krisis energi, minyak, gas, hampir semua negara. Financial, currency yang melompat-lompat," jelasnya dalam acara UOB Economic Outlook, Kamis (29/9/2022)

Persoalan ini tidak hanya dialami Indonesia. Mata uang negara lain bahkan jauh lebih jatuh dibandingkan rupiah. Antara lain Baht Thailand, Peso Filipina, Rupee India dan Won Korea Selatan jauh lebih buruk.

"Kita tau kalau dilihat angkanya kita masih baik nilai tukar rupiah kita," terang Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Besok, Presiden Jokowi Saksikan Balapan Formula E di Ancol


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading