Internasional

Demi Amankan Pasokan Energi, China Bangun Mega Proyek Ini

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
28 September 2022 22:00
Ilustrasi bendera China. (VCG via Getty Images/VCG) Foto: Ilustrasi bendera China. (VCG via Getty Images/VCG)

Jakarta, CNBC Indonesia - China saat ini tengah memulai pembangunan pipa transmisi gas baru. Laporan China Daily menyebut, pekerjaan konstruksi telah dimulai sejak Rabu (28/9/2022) waktu setempat.

Ini merupakan pembangunan pipa keempat dari proyek transmisi tenaga besar yang mengangkut gas alam dari wilayah barat ke timur negara tersebut.

Dengan total panjang 3.340 km, pipa ini mengalir dari kabupaten Wuqia di wilayah otonomi Xinjiang Uygur di China Barat Laut hingga kota Zhongwei di wilayah otonomi Ningxia Hui.

"Setelah selesai, pipa tersebut akan meningkatkan kapasitas tahunan proyek transmisi gas hingga 100 miliar meter kubik," kata Zhang Wei, Ketua Dewan Perusahaan Konstruksi China Oil & Gas Piping Network Corporation.

"Perusahaan ini mempromosikan pembangunan infrastruktur jaringan pipa minyak dan gas untuk memastikan keamanan energi negara," tambah Zhang.

China saat ini juga telah membeli gas dari Rusia dengan mata uang rubel dan yuan. Hal ini terjadi saat Moskow berupaya mendekatkan diri dengan Beijing setelah mendapatkan sanksi Barat atas aksi militernya di Ukraina.

CEO Gazprom Alexei Miller mengatakan terkait status pekerjaan pada proyek pasokan gas melalui 'rute timur' yakni lewat pipa Power of Siberia, pipa ini akan digunakan untuk pengiriman gas ke China pada 2023 dari ladang gas Kovykta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sabar! Harga BBM Naik Hingga IMF Beri Peringatan Hutang China


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading