MIND ID Terapkan Smart Operation di Industri Pertambangan

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
28 September 2022 11:04
Mind ID Foto: Dok Mind ID

Jakarta, CNBC Indonesia - Revolusi Industri terus berkembang seiring zaman, hingga kini mencapai Revolusi Industri 4.0 yang membuat teknologi sistem cerdas dan otomasi berkembang dengan pesat. Perkembangan ini juga berdampak pada sektor Industri Pertambangan.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan sisi efisiensi, efektivitas dan prinsip berkelanjutan dapat ditingkatkan secara masif dalam operasional dan bisnis. Transformasi teknologi dapat menjadi pengubah proses pertumbuhan seluruh sistem sektor pertambangan yang berbasis sustainable.

Dengan potensi sumber daya alam di Indonesia, khususnya di sektor tambang menurutnya harus didukung teknologi Smart Mining. Dengan begitu pengelolaan sumber daya alam bisa lebih terukur.

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia bersama anggotanya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk berkomitmen untuk membangun ekosistem pertambangan yang inovatif dan berkelanjutan melalui digitalisasi.

"MIND ID mengedepankan Inovasi dan Perbaikan berkelanjutan, selalu beradaptasi dengan perkembangan jaman dan teknologi," kata dia dalam siaran pers, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya langkah tersebut sejalan dengan salah satu pilar sustainability pathway MIND ID, yaitu pilar Smart Operation. Dia menegaskan MIND ID terus mendorong terciptanya inovasi untuk memaksimalkan proses bisnis dan kegiatan operasional.

"Grup MIND ID tetap memperhatikan komitmen pelaksanaan praktik pertambangan yang baik (good mining practices)," tambah Hendi.

Sebagai contoh dalam mengolah, memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air tambang. MIND ID telah mengembangkan aplikasi digital bernama MASTERMINE. Sistem yang terintegrasi secara digital ini dapat meningkatkan efektifitas manajemen limbah tambang.

Presiden RI Joko Widodo juga telah meresmikan secara langsung Praktik smart operation di PT Freeport Indonesia yang menjadi pelopor dalam penerapan teknologi 5G Smart-Mining pertama di Asia Tenggara. Teknologi tersebut dapat mendukung digitalisasi dan transformasi operasional industri pertambangan di Indonesia.

Teknologi 5G Underground Smart Mining ini akan mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh untuk meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas pertambangan di PTFI.

Dalam memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77, MIND ID bertekad untuk mewujudkan pertambangan berkelanjutan. Dengan digitalisasi diharapkan dapat memaksimalkan produktivitas dan menciptakan lingkungan pertambangan yang lebih efisien, efektif dan ramah lingkungan.

"Digitalisasi Industri Pertambangan telah menjadi salah satu aspek utama yang menjadi perhatian perusahaan. Transformasi operasional secara bertahap menjadi digital dilakukan untuk memberikan nilai tambah di seluruh rantai proses penambangan dan pengolahan mineral. Selain itu upaya tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan aktivitas operasional yang optimal sekaligus efisien," tutur Hendi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tambang Ilegal Merajalela, Ini Usulan Bos MIND ID


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading