Tunda Konversi Kompor Listrik, Uji Coba Tetap Jalan di 2 Kota

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
23 September 2022 17:40
Konferensi Pers terkait Program Konversi Kompor LPG 3 Kg ke Kompor Induksi Listrik. (Tangkapan layar Youtube PerekonomianRI) Foto: Konferensi Pers terkait Program Konversi Kompor LPG 3 Kg ke Kompor Induksi Listrik. (Tangkapan layar Youtube PerekonomianRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memutuskan untuk menunda implementasi peralihan kompor LPG 3 Kg ke kompor induksi atau kompor listrik secara masif dan menyeluruh pada tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Jumat (23/9/2022).


"Pemerintah belum memutuskan konveresi kompor LPG 3kg jadi kompor listik, belum dilakukan di 2022," papar Airlangga.

Kendati ditunda, pemerintah tetap akan melakukan uji coba kompor listrik di dua kota, yaitu Solo dan Denpasar, Bali.

Sebelumnya, kabar beredar bahwa PLN akan melakukan uji coba kompor listrik di 3 kota, yaitu dua kota di atas dan ditambah satu kota di Sumatera.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan program konversi kompor ini dilakukan PLN sebagai salah satu upaya mengurangi beban negara atas impor LPG yang tiap tahun naik.

Selain itu, konversi kompor ini dapat menyelesaikan tiga persoalan sekaligus, yakni mengurangi ketergantungan impor LPG dengan energi berbasis domestik (listrik), mengurangi beban APBN, dan emisi gas buang yang dihasilkan dari kompor induksi ini jauh lebih rendah dibandingkan kompor LPG.

"Kita ingin membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia ini betul betul komitmen mengurangi emisi karbon. Bahkan dengan konversi kompor ini menjadi bukti, bahwa Indonesia sampai kepada masyarakatnya juga aware atas keberlangsungan iklim," imbuhnya.

Sebagai informasi, pada tahun ini, PLN akan menyasar 300.000 pelanggan lagi yang tersebar di beberapa kota. Harapannya di tahun 2025 mendatang 15,3 juta pelanggan bisa beralih dari kompor LPG ke kompor induksi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PLN Berhasil Sulap 1.000 Kompor LPG ke Induksi!


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading