Panen! Jabodetabek Dikepung Tol, Tahun Ini Nambah 6 Lagi

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
23 September 2022 12:15
Jalan tol pada Kawasan Jabodetabek yaitu ruas Cibitung-Cilincing (Jakarta Outer Ring Road/2) dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). (Dok: PUPR) Foto: Jalan tol pada Kawasan Jabodetabek yaitu ruas Cibitung-Cilincing (Jakarta Outer Ring Road/2) dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). (Dok: PUPR)

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan tol Cibitung-Cilincing hingga seksi 3 dan Serpong Balaraja Seksi 1A. Setidaknya masih ada enam ruas tol lagi yang akan diresmikan tahun ini.

Dari target 199 kilometer tol yang akan diresmikan tahun ini, enam ruas tol yang akan diresmikan tersebut adalah:

- ruas Cibitung-Cilincing (JORR II) seksi 4,


- ruas Cimanggis-Cibitung (JORR II) seksi 2A

- ruas Cinere-Jagorawi (JORR II) seksi 3

- ruas Serpong-Cinere (JORR II) seksi 2

- ruas Bekasi-Cawang-Kp Melayu 1 A dan 2A

- ruas Jakarta-Cikampek II selatan paket 3.

Lantas bagaimana update perkembangannya pembangunannya?

Berikut mengutip laporan konstruksi jalan tol Jabodetabek Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT):

Cibitung-Cilincing 7,7 Km (JORR II) seksi 4

Tol ini sudah tersambung dari Cibitung-Tarumajaya atau atau seksi 1 - 3 yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada (21/9/2022). Sisanya seksi 4 masih dalam tahap konstruksi yang mencapai 96%.

"Seksi 4 (Tarumajaya-Cilincing) dalam tahap konstruksi 96% dengan target selesai Desember 2022," tulis keterangan Kementerian PUPR.

Adanya tol ini akan melengkapi jaringan jalan JORR 2 untuk mengurangi kemacetan di kawasan Tanjung Priok, hingga kawasan industri dan logistik di Bekasi.

Cimanggis-Cibitung 3,5 Km (JORR II) seksi 2A

Tol ini diharapkan juga dapat mengatasi kelebihan beban pada jaringan jalan JORR I. Dimana pada seksi 1A dari Cimanggis-Jatikarya sudah beroperasi pada 2020.

Sedangkan seksi 2 dari Jatikarya sampai Simpang Susun Cikeas ditargetkan beroperasi pada Desember 2022. Adapun progres konstruksinya saat ini sudah mencapai 85% dan pembebasan lahan sudah mencapai 91% per Agustus 2022.

Sedangkan untuk seksi 3 dari Cikeas-Cibitung ditargetkan beroperasi Maret 2023 dengan progres konstruksi saat ini 69% dan pembebasan lahan 89%.

Cinere-Jagorawi 5,5 Km (JORR II) seksi 3

Tol Cijago tersambung dari Jagorawi - Kukusan sejak tahun 2019 lalu. Saat ini pembangunan seksi 3 yakni dari Kukusan - Cinere dipatok kelar pada akhir tahun 2022.

Adapun progres konstruksi untuk seksi akhir tol Cijago ini sudah mencapai 65% sedangkan pembebasan tanah sudah mencapai 96% per Agustus 2022.

Tol nantinya akan menyambungkan sisi barat dan sisi timur JORR 2, yakni sisi timur tol Cimanggis-Cibitung dan Cibitung-Cilincing, dan sisi barat Cinere-Serpong dan Cengkareng-Kunciran.

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan dua ruas jalan tol pada Kawasan Jabodetabek yaitu ruas Cibitung-Cilincing (Jakarta Outer Ring Road/2) dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan dua ruas jalan tol pada Kawasan Jabodetabek yaitu ruas Cibitung-Cilincing (Jakarta Outer Ring Road/2) dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan dua ruas jalan tol pada Kawasan Jabodetabek yaitu ruas Cibitung-Cilincing (Jakarta Outer Ring Road/2) dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Serpong-Cinere 3,6 Km (JORR II) seksi 2

Tol Serpong Cinere seksi 1 dari Serpong IC menuju Pamulang IC sudah beroperasi sejak 2021 lalu. Lalu seksi akhir yakni dari Pamulang IC-Cinere IC ditargetkan beroperasi pada Desember 2021.

Sementara untuk progres konstruksi tol ini sudah rampung 100%, hanya saja sebelumnya untuk pengoperasian tol ini dikabarkan masih menunggu selesainya tol Cinere-Jagorawi segmen Cinere-Limo-Kukusan yang terhubung dengan tol ini.

Bekasi-Cawang-Kp Melayu 6,6 Km Seksi 1A dan 2A

Penyelesaian ruas tol Becakayu juga ditargetkan pada akhir tahun 2022. Dimana saat ini baru seksi 1 dari Casablanca-Jaka Sampurna dan Cipinang-Jaka Sampurna yang sudah beroperasi.

Sedangkan untuk paket 1 A koneksi tol Wiyoto Wiyono-Pasar Gembrong, Ramp Jatiwaringin Barat, lalu seksi 2A Jaka Sampurna-Kayuringin-Jl Hasibuan baru ditargetkan beroperasi pada akhir 2022.

Beberapa waktu lalu dilaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada beberapa ruas di On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca (Looping Pasar Gembrong), dan koneksi sisi Timur Jalan Tol Wiyoto Wiyono ke Jalan Tol Becakayu akan siap dioperasikan.

Tol ini juga dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu sepanjang 16,02 Km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Japek II Selatan, Selasa (20/9/2022).Foto: Dok. Kementerian PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau proyek tol Japek II Selatan, Selasa (20/9/2022).

Jakarta-Cikampek II Selatan 8,5 Km

Tol ini menghubungkan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) dimana juga menjadi rute alternatif dari Jakarta menuju Bandung hingga memangkas waktu menjadi 1 jam.

paket pekerjaan mulai dari Jati Asih - Setu (paket 1) dan Setu - Taman Mekar (paket 2) masih dalam progres pembebasan lahan, sedangkan Taman Mekar - Sadang (paket 3) konstruksinya sudah mencapai 56% yang ditargetkan akhir 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan percepatan penyelesaian pembangunan secara bertahap, utamanya pada Seksi 3 Taman Mekar - Sadang sepanjang 27,85 km.

"Kita akan selesaikan dulu ruas Sadang-Kutanagara 9 km pada Desember 2022 untuk mendukung arus libur Natal dan Tahun Baru," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Kita lihat persoalannya adalah masalah finansial. Saya sudah menghubungi Pak Wamen BUMN untuk bisa mendorong PT. Jasa Marga mempercepat penyelesaian termin pekerjaan konstruksi yang sudah mencapai 67 persen," tambahnya.

Sedangkan untuk paket pekerjaan lainnya dikejar selesai sebelum 2024.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Deretan Proyek Megah Jokowi, Bandara Sampai Bendungan Raksasa


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading