MRT Mau Pamer Harta Karun Perut Jakarta, Catat Tempatnya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
21 September 2022 18:11

Jakarta, CNBC Indonesia - PT MRT Jakarta menemukan cagar budaya dalam proses pembangunan MRT Jakarta fase 2 dari Bundaran HI-Ancol. Padahal, di bulan Desember 2021 kemarin telah ditemukan temuan Saluran Air Kuno Batavia dan juga bagian Struktur Jembatan Glodok yang merupakan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB).

Masyarakat pun berkesempatan untuk melihat langsung objek harta karun ini, tetapi belum bisa dalam waktu dekat.

"Penemuan cagar budaya proyek pada akhirnya akan dipamerkan di dalam stasiun MRT Fase 2. Jadi timing nya adalah pada saat stasiun selesai," kata Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim kepada CNBC Indonesia, Rabu (21/9/22).

Meski demikian, ia membuka peluang beberapa objek berukuran yang telah ditemukan bisa dilihat langsung dalam waktu dekat. Namun, belum ada kepastian kapan waktu pameran ini bakal berlangsung.

"Tapi mungkin temuan kecil bisa kita display di Visitor Center/Gallery kita di Monas dan stasiun Jakarta Kota," kata Silvia.

Diketahui, sisa infrastruktur yang ditemukan seperti saluran air kuno Batavia yang merupakan bagian dari sistem pasokan air bersih ke kota Batavia pada abad 18. Yang dialirkan melalui kolam air menuju benteng/kastil Batavia.

"Ini adalah satu yang krusial. Kita menemukan struktur [pengairan] 400 meter dari abad 18 yang tidak dapat ditemukan di tempat manapun di kota manapun di Indonesia," kata Arkeolog Universitas Indonesia Junus Satrio Atmodjo, saat site visit Stasiun MRT Glodok, Selasa (20/9/2022).

Junus menambahkan, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan proses pembongkaran. Nantinya setelah dibongkar, peninggalan bersejarah itu diserahkan ke pihak Dinas Cagar Budaya DKI Jakarta.

"Begitu diangkat lalu memindahkan pipa ini kemudian pekerjaan fisik akan dikerjakan," katanya.

Meski belum bisa memastikan kapan pengangkatan dilakukan. Namun proses pengangkatan diperkirakan butuh waktu selama 3 hari.

Tim arkeolog membongkar terakota pipa air kuno untuk dipindahkan saat pembangunan MRT Jakarta fase 2 dari Bundaran HI-Ancol, Glodok , Jakarta Barat  Selasa (20/9/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Infografis Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading