Duh! Proyek Tol Ini Ternyata Bermasalah, Yakin Beres 2024?

News - redaksi, CNBC Indonesia
19 September 2022 08:05
Jalan Tol Semarang - Demak. (Dok Kementerian PUPR) Foto: Jalan Tol Semarang - Demak. (Dok Kementerian PUPR)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah proyek infrastruktur tengah dikebut kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yang ditargetkan bisa rampung dan beroperasi sebelum tahun 2024.

Hanya saja, sejumlah isu masih mewarnai proses pembangunan beberapa proyek. Meski kemudian ada yang sudah bisa diatasi, namun bisa saja mengganggu upaya pemenuhan target.

Proyek-proyek tersebut adalah:

1. Tol Padang-Sicincin

Pembangunan salah satu ruas dari Tol Padang-Pekanbaru, yaitu Padang-Sicincin sempat terhenti sejak Desember 2021 karena masalah pembebasan lahan. Yang sempat alot karena melewati tanah adat.

Meski kini, menurut Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro proses konstruksi sudah kembali dilakukan.

"Kami berterima kasih pada semua pihak yang telah membantu penyelesaian pembebasan lahan pembangunan Padang-Sicincin. Hutama Karya segera memulai kembali konstruksinya," jelasnya dalam keterangan, dikutip Senin (19/9/2022).

2. Tol Atlantis Tersendat Imbas Tanah Musnah

Tol Proyek Semarang-Demak 27 km juga terus dikejar pembangunannya sebelum 2024 mendatang. Dan merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional.

Hanya saja ada permasalahan kondisi tanah musnah yang membuat daratan yang menjadi trase tol tertutup oleh air laut sehingga terlihat seperti fenomena yang terjadi pada Atlantis.

Akibat 'fenomena Atlantis' ini, proses perhitungan dan pembebasan lahan menjadi kendala, sebab lahan itu sebelumnya dimiliki oleh sejumlah pihak namun kini sudah terendam air laut.

Saat ini pemerintah tengah memperkuat payung hukum untuk pembebasan lahan kondisi tanah musnah milik masyarakat yang terjadi pada seksi 1.

Sedangkan untuk seksi 2 pembangunannya sudah hampir rampung dengan progres 91,7%.

"Semarang-Demak seksi 2 hampir selesai. Seksi 1 kita sedang menunggu yang menghambat kepastian tanah musnah ini, memastikan kerangka hukumnya supaya prosesnya di situ juga nggak bermasalah," kata Hedy saat rapat dengan Komisi V DPR RI dikutip Senin (19/9/2022).

Ada dua seksi pembangunan tol Semarang-Demak, yaitu:

- seksi 1 Semarang-Sayung
- seksi 2 Sayung-Demak.

Seksi 2 ditargetkan kelar pada November 2022 sedangkan seksi 1 pada 2024 mendatang.

3. Tol Cisumdawu

Rencana pembangunan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang dimulai sejak 2012 lalu sampai saat ini masih dalam proses konstruksi. Meski saat ini untuk seksi 1 dari Cileunyi-Rancakalong sudah beroperasi pada awal 2022 ini.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tol ini yakni PT Citra Karya Jabar Tol ditargetkan melakukan penyelesaian pada Desember 2022.

"Kondisi realitas di lapangan kita agak pesimis pada Oktober (seksi BUJT), kita harapkan paling lambat Desember, karena jalan ini sudah ditunggu cukup lama oleh masyarakat," katanya.

Pembangunan tol ini cukup kompleks karena kondisi topografi yang sulit.

Trase tol harus menembus perut gunung sehingga nantinya tol ini akan menjadi tol terowongan terpanjang yang pertama di RI.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Asik! RI Bakal Punya 13 Tol Baru, Lewat Rumah Anda Nggak?


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading