Siap Dibawa ke Forum G20, Simak Rumusan Bali Package DEWG

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
18 September 2022 12:55
Profit G20 DEWG Kominfo Foto: Dok: CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Digital Economy Working Group (DEWG) 2022 putaran ke-4 yang selesai diselenggarakan, diikuti oleh digital economy ministers meeting. Event ini menjadi rangkaian acara dalam menuju Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) di Bali November mendatang.

DEWG 2022 memang mendapat mandat untuk membahas pemanfaatan transformasi teknologi digital demi memungkinkan percepatan pertumbuhan sosial dan ekonomi yang inklusif. Pada pertemuan kali ini, tema yang diangkat ialah finalisasi Bali Package atau strategi pemanfaatan transformasi teknologi digital, di mana dokumen tersebut nantinya akan diratifikasi oleh pemimpin G20 di Bali pada November mendatang.

Dalam DEWG 2022 putaran ke-4 ini, isu-isu kunci terkait ekonomi digital berhasil dibahas dan menghasilkan kesepakatan antara negara-negara anggota G20. Ketiga isu itu antara lain konektivitas dan pemulihan pascapandemi Covid-19, literasi digital dan kecakapan digital, dan terkait arus data lintas negara.

Hal ini juga sejalan dengan peran Indonesia sebagai presidensi G20 yang perlu aktif mendorong transformasi teknologi digital untuk masyarakat global. Tentunya agar dapat tercipta motor pertumbuhan ekonomi baru pasca pandemi yang inklusif dan berkelanjutan.

Forum ini juga mau tidak mau turut membahas dampak situasi geopolitik saat ini terhadap ekonomi global, khususnya yang berkaitan dengan isu-isu ekonomi digital.

Lalu, seperti apa finalisasi Bali Package ini dan manfaatnya untuk Indonesia serta global dan bagaimana suasana DEWG ke-4 ini?

Untuk mengetahui lebih jauh, CNBC Indonesia telah menyiarkan berjalannya rangkaian event DEWG 2022 yang digelar di Bali beberapa waktu lalu. Bersama Host CNBC Syarifah Rahma, akan ada pernyataan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong, serta para perwakilan dari negara G20 lainnya.

Rangakaian DEWG 2022 bisa disaksikan pada Jumat, 16 september 2022 hanya di CNBC Indonesia dan streaming di CNBCIndonesia.com.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dari Konektivitas Hingga Data, Ini Bahasan Penting DEWG G20


(bul/bul)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading