Internasional

Arab Heboh! Pria Umroh buat Ratu Elizabeth II di Mekah

News - sef, CNBC Indonesia
13 September 2022 14:52
Seorang pria Yaman ditangkap pihak keamanan Masjidil Haram karena melakukan umrah untuk Ratu Elizabeth II. (Tangkapan Layar) Foto: Seorang pria Yaman ditangkap pihak keamanan Masjidil Haram karena melakukan umrah untuk Ratu Elizabeth II. (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kejadian heboh terjadi di Mekah, Arab Saudi. Seorang pria asal Yaman mengaku telah melakukan umrah ke kota suci umat Muslim itu untuk mendiang Ratu Inggris, Elizabeth II.

Pria itu bahkan menerbitkan video dirinya di media sosial. Ia memosting dirinya berdiri di Mesjid Haram di mana non-Muslim dilarang mask.

"Umrah untuk jiwa Ratu Elizabeth II," tulisnya dikutip AFP, Selasa (13/9/2022).


"Kami meminta Tuhan untuk menerimanya di surga dan di antara orang-orang yang saleh," tambahnya.

Rekaman itu beredar luar di medsos Arab Saudi. Di Twitter netizen meminta pria itu ditangkap.

Seorang pria Yaman ditangkap pihak keamanan Masjidil Haram karena melakukan umrah untuk Ratu Elizabeth II. (Tangkapan Layar)Foto: Seorang pria Yaman ditangkap pihak keamanan Masjidil Haram karena melakukan umrah untuk Ratu Elizabeth II. (Tangkapan Layar)
Seorang pria Yaman ditangkap pihak keamanan Masjidil Haram karena melakukan umrah untuk Ratu Elizabeth II. (Tangkapan Layar)

Sebenarnya dalam aturan Arab Saudi, jemaah memang dilarang membawa spanduk atau meneriakkan slogan-slogan. Memang umrah unto mereka yang meninggal diperbolehkan, namun tidak berlaku untuk yang bukan Muslim, seperti Ratu Elizabeth.

Sementara itu, pasukan keamanan di Masjidil Haram disebut telah menangkap pria tersebut.

"Menangkap seorang warga berkebangsaan Yaman yang muncul dalam video klip membawa spanduk di dalam Masjidil Haram, melanggar peraturan dan instruksi untuk umrah," kata otoritas dimuat media lokal.

"Dia ditangkap, tindakan hukum diambil terhadapnya dan dia dirujuk ke penuntutan umum," tambah pernyataan itu.

Berbeda dengan haji, umrah bisa dilakukan kapan saja. Haji sendiri dilakukan setahun sekali dan biasanya menarik jutaan orang dari seluruh dunia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kesehatan Ratu Elizabeth Semakin Memburuk


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading