Internasional

Bill Gates Kalah, Ini Pria Asia Orang Terkaya ke-3 Dunia

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
31 August 2022 07:57
Gautam Adani, dok Adani.com Foto: Gautam Adani, dok Adani.com

Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk pertama kalinya, warga Asia masuk ke jajaran 3 besar orang terkaya dunia. Ia adalah Gautam Adani.

Ia menyalip harta Bill Gates sejak April lalu. Kini, dalam Bloomberg Billionaires Index terbaru, dengan kepemilikan US$ 137,4 miliar atau setara Rp 2.042 triliun, kekayaan Adani bahkan telah melampaui CEO LVMH Bernard Arnault yang sebelumnya diposisi tiga.

Ia kini berada persis di belakang kepala bos Tesla Elon Musk dan pendiri Amazon Jeff Bezos. Ini adalah pertama kalinya orang Asia masuk ke tiga besar indeks tersebut.

Sebelumnya, Adani merupakan seorang jebolan perguruan tinggi biasa yang pertama kali mencoba peruntungan sebagai pedagang berlian. Namun ia kini sukses di bisnis batu bara dan pelatihan.

Grupnya kini memiliki operator pelabuhan dan bandara sektor swasta terbesar di India. Perusahaannya juga menjadi distributor gas kota dan penambangan batu bara.

Meski memiliki tambang Carmichael di Australia yang telah dikritik oleh para pencinta lingkungan, pada November perusahaannya berjanji menginvestasikan US$ 70 miliar dalam energi hijau untuk menjadi produsen energi terbarukan terbesar di dunia.

Meski sejumlah suara kekhawatiran muncul karena bisnis yang didanai dengan utang dan kerajaannya "sangat dilebih-lebihkan", namun sahamnya telah melonjak. Beberapa di antaranya lebih dari 1.000% sejak 2020, dengan penilaian mencapai 750 kali lipat pendapatan, karena taipan itu berfokus pada bidang-bidang yang dianggap penting oleh Perdana Menteri Narendra Modi untuk memenuhi tujuan jangka panjang India.

Adani dikatakan telah menambahkan US$ 60,9 miliar untuk kekayaannya pada tahun 2022 saja. Ini lima kali lebih banyak dari orang lain.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gegara Ini, Orang Terkaya Asia Mau Bagi-bagi Duit Rp114 T


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading