Internasional

Tetangga RI Ini Ogah Kasih Subsidi BBM, Berapa Harganya?

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
29 August 2022 12:40
singapura (REUTERS/Edgar Su) Foto: REUTERS/Edgar Su

Jakarta, CNBC Indonesia - Gonjang-ganjing harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia terus bergulir seiring dengan kajian pemerintah yang diyakini bakal berujung pada kenaikan harga.

Perlu diketahui, Pemerintah Indonesia memang tengah dihadapkan pada dilema harga BBM. Pasalnya, negara menanggung subsidi yang tidak sedikit untuk BBM, yang kian meningkat seiring dengan melambungnya harga minyak dunia.

Berbeda dengan Indonesia, sang tetangga Singapura saat ini tidak memberikan subsidi harga BBM. Alhasil, harga BBM-nya tergolong tinggi karena terus menyesuaikan dengan harga pasar.

Hingga akhir pekan lalu, harga solar di Singapura berkisar antara 2,87-2,88 dolar Singapura atau Rp 30.422-Rp 30.528 per liter (kurs Rp 10.600); bensin RON 92 setara Pertamax senilai 2,8-2,83 dolar Singapura atau Rp 29.680-Rp 29.998 per liter; dan bensin RON 98 setara Pertamax Turbo senilai 3,32-3,37 dolar Singapura atau Rp 35.192-Rp 35.722 per liter.

"Di SIngapura tidak ada subsidi. Jadi yang terjadi di internasional pasti langsung berpengaruh," tutur Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo ketika ditemui di Singapura, Senin (29/8/2022).

Meskipun demikian, ujarnya, ada bantuan pemerintah yang diberikan langsung untuk masyarakat golongan bawah yang ditransfer langsung ke rekening masing-masing. Hal tersebut dilakukan demi menjaga daya beli kendati harga-harga melambung tinggi.

Hanya saja, lanjutnya, kenaikan harga BBM yang signifikan tetap dirasakan cukup berat oleh sebagian masyarakat.

"Kolega saya yang akhirnya menjual mobil pribadi dan beralih ke transportasi publik," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Kronologi & Sebab Warga Singapura Serbu SPBU Malaysia


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading