KCJB Beroperasi 2023, Patimban & Kertajati Kecipratan Cuan

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
24 August 2022 21:20
Keterangan Pers Menteri BUMN, Kantor Presiden, 24 Agustus 2022 Foto: Keterangan Pers Menteri BUMN, Kantor Presiden, 24 Agustus 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan beroperasi pada Juni 2023. Bulan depan uji coba akan dilakukan.

"Kereta cepat akan segera beroperasi. Bulan September akan datang dan terus kita uji coba. Insyaallah bulan Juni tahun depan sudah bisa operasi," kata Erick Thohir di Istana Negara, Rabu (24/8/2022)

Ekosistem transportasi Jakarta yang sudah memiliki Moda Raya Terpadu (MRT) dan sebentar lagi akan mengoperasikan kereta yang lebih ringan dengan jumlah penumpang yang lebih sedikit, Lintas Raya Terpadu (LRT). Ekosistem yang lebih menyeluruh ini, kemudian akan tembus ke Jawa Barat dengan adanya kereta cepat.

"Ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi baru," tutur Erick.

Dengan demikian provinsi Jawa Barat akan memiliki peran sentral sebagai salah satu fondasi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pelabuhan Patimban, hingga bandar udara Kertajati dapat segera beroperasi atau beroperasi secara lebih maksimal. Kedua infrastruktur tersebut akan menjadi pusat cargo.

Termasuk juga pembangunan kawasan ekonomi di Subang dan Sukabumi. "Kami ditugaskan baru saja, membangun Kawasan Industri Subang yang merupakan satu kawasan yang menyeluruh. Ini menjadi konektivitas yang menjadi satu antara logistik dan manusianya," ujar Erick.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Proyek Kereta Cepat


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading