Internasional

Dilarang Mandi saat Badai Petir, Ilmuwan Jelaskan Alasannya

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 August 2022 16:30
Pedagang air galon membawa galon yang sudah diisi penuh untuk dijual ke warga apartemen di Kawasan Pluit, Jakarta, Rabu (12/6). Banyak penghuni apartemen di kawasan tersebut menggunakan air galon isi ulang untuk mandi. Mumun seorang pembantu rumah tangga mengatakan majiakannya bisa menkonsumsi air galon sehari 4-5 galon untuk mandi dan cuci piring. Harga galon isi ulang ia beli seharga Rp 3500 yang berasal dari air pam, Rp 7000 untuk galon isi ulang untuk galon asli Rp.20.000. Banyak penghuni apartmen menggunakan air galon karena air yang mereka tempati kadang bau dan kotor. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi mandi, Rabu (12/6/2019) (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kebanyakan orang sudah familiar dengan protokol keselamatan dasar ketika ada badai petir, seperti menghindari berdiri di bawah pohon atau di dekat jendela, serta tidak berbicara di telepon kabel.

Tapi tahukah bahwa Anda harus menghindari mandi, berendam, atau mencuci piring selama badai petir?

Melansir Science Alert, ada dua elemen dasar yang menyebabkan badai petir berkembang, yakni kelembaban dan udara hangat yang naik, yang tentu saja berjalan seiring dengan musim panas. Temperatur dan kelembaban yang tinggi memicu sejumlah besar udara lembab naik ke atmosfer, di mana hal ini dapat membentuk badai petir.

Awan mengandung jutaan tetesan air dan es, sehingga interaksi inilah yang menyebabkan munculnya petir. Tetesan air yang naik bertabrakan dengan tetesan es yang jatuh, melewatinya dengan muatan negatif dan meninggalkan dirinya dengan muatan positif.

Dalam badai petir, awan bertindak sebagai generator Van de Graaff yang sangat besar, memisahkan muatan positif dan negatif untuk menciptakan pemisahan muatan besar di dalam awan. Saat awan petir bergerak di atas Bumi, mereka menghasilkan muatan yang berlawanan di tanah, dan inilah yang menarik sambaran petir ke tanah. Badai petir ingin menyeimbangkan muatannya, dan ia melakukannya dengan melepaskan antara daerah positif dan negatif.

Jalur pelepasan ini biasanya merupakan salah satu yang paling tidak tahan, sehingga hal-hal yang lebih konduktif (seperti logam) lebih mungkin untuk dihantam selama badai.

James Rawlings, dosen Fisika di Universitas Nottingham Trent, mengatakan jika petir menyambar rumah, listrik akan mengikuti jalur yang paling tidak tahan terhadap tanah. Kabel logam atau air di pipa dapat menyediakan jalur konduktif yang nyaman bagi listrik untuk mengikuti ke tanah.

Kamar mandi menyediakan kedua hal itu (air dan logam). Ini menjadikan kamar mandi sebagai jalur yang ideal untuk dilewati listrik.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat sangat menganjurkan orang untuk menghindari semua aktivitas berbasis air selama badai petir, termasuk mandi, untuk mengurangi risiko serangan tersebut.

Selain mandi, ada risiko lain yang harus diwaspadai selama badai petir. Salah satu yang mungkin tidak terlihat jelas adalah bersandar pada dinding beton. Meskipun beton itu sendiri tidak begitu konduktif, jika telah diperkuat dengan balok logam, dinding beton dapat memberikan jalur yang ideal untuk petir.

Hindari juga menggunakan apa pun yang dicolokkan ke stopkontak, seperti komputer, TV, mesin cuci, mesin pencuci piring karena semua ini dapat memberikan jalur untuk sambaran petir.

Sebagai aturan praktis, jika mendengar guntur di kejauhan, maka Anda cukup dekat dengan badai, bahkan jika tidak ada hujan. Sambaran petir dapat terjadi sejauh sepuluh mil jauhnya dari badai induk.

Biasanya, setengah jam setelah mendengar petir terakhir adalah waktu yang aman untuk kembali mandi. Badai petir biasanya suka menyimpan yang besar untuk akhir.

Meskipun peluang tersambar petir rendah, penting untuk mengetahui cara tetap aman selama badai petir. Secara global, sekitar 24.000 orang setiap tahun terbunuh oleh petir dan 240.000 lainnya terluka.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Badai 'Raksasa' Berkecepatan 130 Km Per Jam Hantam Kanada


(tfa/tfa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading