Satu Kata Krusial yang 'Hilang' Dari Pidato Kenegaraan Jokowi

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
19 August 2022 11:15
Indonesian President Joko Widodo, wearing traditional Bangka Belitung outfit, gestures as he delivers his annual State of the Nation Address ahead of the country's Independence Day, at the parliament building in Jakarta, Indonesia, Tuesday, Aug. 16, 2022. (AP Photo/Tatan Syuflana, Pool) Foto: Presiden Indonesia Joko Widodo, mengenakan pakaian tradisional Bangka Belitung, saat menyampaikan Pidato Kenegaraan tahunannya menjelang Hari Kemerdekaan negara, di gedung parlemen di Jakarta, Indonesia, Selasa (16/8/2022) (AP Photo/ Tatan Syuflana)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada satu kalimat krusial yang tiba-tiba hilang dari pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPR RI-DPD di gedung DPR, awal pekan ini.

Ini adalah kali ketujuh Jokowi menyampaikan pidato kenegaraannya. Pidato kenegaraannya yang pertama terjadi pada 14 Agustus 2015, dan sisanya setelah satu hari sebelum hari kemerdekaan.


Dalam pidato tersebut, Jokowi mulanya berbicara mengenai tantangan global yang kian tak pasti. Pandemi Covid-19 yang belum usai, ditambah dengan perang Rusia-Ukraina kini justru menyebabkan ketidakpastian semakin berlanjut.

Selain itu, ada berbagai macam hal yang diutarakan dalam pidato kenegaraan. Ada hal tertentu yang dibahas hampir setiap tahun, namun tidak langsung kembali dibicarakan pada tahun berikutnya. Terkadang, Jokowi membahas isu spesifik yang tengah terjadi.

Pada tahun ini, ada satu hal krusial yang luput dari perhatian Jokowi. Berdasarkan catatan tim CNBC Indonesia, Jokowi dalam pidato kenegaraan kali ini sama sekali tidak menyebut soal infrastruktur dan ini menjadi yang kedua kalinya sejak ia memimpin.

Terakhir kali Jokowi tidak menyebutkan kata infrastruktur terjadi pada pidato kenegaraan pada 2020. Pada saat itu, pemerintah tengah melakukan relokasi anggaran untuk bantuan penanganan pandemi Covid-19.

Terlepas dari periode 2020 dan 2022, kata infrastruktur kerap menghiasi pidato kenegaraan Jokowi setiap tahunnya. Pada 2015, kata infrastruktur yang keluar dari pidato Jokowi mencapai 6 kata.

Kemudian pada 2016, kata infrastruktur yang keluar sebanyak 15 kata, 2017 sebanyak 5 kata, 2018 sebanyak 8 kata, 2019 sebanyak 2 kata, dan terakhir pada 2021 lalu sebanyak 2 kata infrastruktur yang keluar di pidato kenegaraan Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menanti RUU APBN 2023, Apa Fokus Pemerintahan Jokowi?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading