Mobil Baru Bermunculan, Penghancur Avanza di Bawah Rp200 Juta

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
19 August 2022 08:35
Suzuki S-Presso di ajang Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo) Foto: Suzuki S-Presso di ajang Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Persaingan pasar otomotif kian memanas dengan hadirnya mobil-mobil baru. Para agen pemegang merk (APM) saling berlomba untuk menguasai pasar, misalnya Hyundai dengan Stargazer dengan tujuan menggusur Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Tidak mau kalah, Mitsubishi juga baru merilis New Xpander Cross pada ajang GIIAS 2022. Sejumlah mobil lain pun resmi meluncur di ajang tersebut, misalnya Suzuki S-Presso dan New Baleno Hatchback.

Berikut beberapa mobil yang meluncur baru-baru ini:

Suzuki S-Presso

Suzuki Indonesia resmi memperkenalkan mobil terbaru, S-Presso di ajang GIIAS 2022, Kamis (11/8/2022) lalu. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai Rp155 hingga 164 juta. Harga ini adalah OTR untuk wilayah Jabodetabek.

Mobil yang masuk kategori city car ini muat untuk 5 penumpang dan dipasarkan dalam 2 varian. Sebelumnya, S-Presso sudah diperkenalkan di India terlebih dahulu dalam 4 varian.

Dan tersedia dalam pilihan warna Sizzle Orange, Solid Fire Red, Pearl Starry Blue, White, Granite Grey Met, dan Silky Silver Met.

Suzuki S-Presso mengusung mesin bensin K-Series K10B DOHC 1 liter tiga silinder. Dilengkapi fitur keselamatan Anti-lock Braking System, SRS Front Dual Airbags, Rear Parking Sensor, hingga Childproof Rear Door Locks.

New Suzuki Baleno

Selain S-Presso, Suzuki tidak mau ketinggalan dengan melahirkan Suzuki Baleno.

Mobil ini memang bukan masuk ke dalam segmen MPV seperti Avanza, melainkan hatchback. Namun, harganya tidak jauh berbeda dengan Avanza, yakni Baleno-AT di harga Rp 274.900.000 dan Baleno-MT di angka Rp 262.900.000.

Selain itu, Suzuki memutuskan Baleno untuk menggunakan mesin yang sama dengan Ertiga, yakni mesin berkode K15B dengan kapasitas mesin 1.462 cc. Ertiga merupakan salah satu pesaing sebagai 'penghancur' raja low MPV Avanza.

"Mesin ini memang juga digunakan oleh Ertiga, karena memang mesin ini sangat cocok dengan Indonesia serta efisiensi bahan bakar yang cukup menggembirakan," kata Head of Brand Development & Marketing Research 4W di PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel Tampubolon dikutip Kamis (18/7/22).

New Xpander Cross

Mitsubishi resmi merilis New Xpander Cross di ajang GIIAS 2022. Namun, Director of of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuro Tsuchida enggan produk terbarunya itu disebut sebagai facelift atau perubahan minor.

"Kemarin kami baru kenalkan New Xpander Cross, model ini jangan dibilang facelift atau ganti kulit. Kami hadirkan sebuah penyempurnaan dan juga peningkatan sistem driving yang lebih baru dan berbeda," katanya saat Press Conference MMKSI GIIAS, Jumat (12/8/22).

Mobil ini menghadirkan sejumlah pembaruan, misalnya eksterior terdapat pada: T-Shape Headlamp, Front & Rear Powerful Bumper Design, 17- inch Alloy Wheel Design, LED Foglamp, Distinctive Trapezoid Grille, dan Wheel Arc Moulding yang disempurnakan.

Dari sisi fitur keselamatan, mobil ini menyematkan sistem pengereman AYC, yang meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau dijalan yang licin.

Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

Sejumlah pembaruan itu membuat Bos Mitsubishi Enggan produknya disebut secara facelift. Namun, konsumen yang ingin mendapatkan produk itu perlu bersabar karena masih membutuhkan waktu setidaknya dua bulan ke depan.

"Untuk pengiriman Xpander Cross akan kami kirim mulai Oktober nanti," kata Tetsuro Tsuchida.

Hyundai Stargazer

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi meluncurkan produk MPV terbarunya, Hyundai STARGAZER, pada perhelatan GIIAS 2022. Hyundai STARGAZER menjadi kendaraan keempat yang diproduksi secara lokal di Pabrik Hyundai Motor di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

"STARGAZER telah dirancang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan masyarakat, dan kondisi jalanan di Indonesia. Peluncuran STARGAZER menjadi tanda bahwa kami memberikan jawaban bagi gaya hidup masyarakat Indonesia yang gemar bepergian jauh bersama keluarga," kata Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia.

Dari segi dimensi kendaraan, StargaEr memiliki dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.695 mm, jarak sumbu roda sepanjang 2.780 mm, serta jarak overhang sisi depan 800 mm dan sisi belakang sepanjang 880 mm. Lebih lanjut, ground clearance dari Hyundai Stargazer setinggi 195 mm.

STARGAZER tersedia dalam empat varian yaitu Active, Trend, Style dan Prime dengan pilihan harga (OTR Jakarta):

o STARGAZER Active MT: IDR 243,300,000,-

o STARGAZER Active IVT: IDR 255,900,000,-

o STARGAZER Trend MT: IDR 263,300,000,-

o STARGAZER Trend IVT: IDR 275,900,000,-

o STARGAZER Style: IDR 296,300,000,-

o STARGAZER Prime: IDR 307,100,000,-

Hyundai Palisade

Hyundai mengenalkan mobil bongsor di segmen SUV yakni New Hyundai Palisade bukan di ajang GIIAS, namun dua pekan sebelum ajang tahunan tersebut.

Mobil ini kerap identik dengan mobil pejabat seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero. Namun, Hyundai menegaskan bahwa Palisade berbeda segmen dengan kedua mobil itu.

"Fortuner Pajero itu Santa Fe, ini di atasnya. Jadi kebetulan kita menguasai segmen di E dan F. Kita optimis dengan hal itu (semakin kuasai pasar) karena yang inden juga masih berjalan," kata Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur kepada CNBC Indonesia saat peluncuran New Hyundai Palisade akhir pekan lalu.

Palisade dan Pajero-Fortuner memang berada di kelas yang berbeda. Palisade ada di segmen large SUV, sementara Pajero-Fortuner di ladder frame SUV karena keduanya menggunakan sasis ladder frame. Sementara Palisade menggunakan sasis monokok.

Palisade memang belum diproduksi di Indonesia. Adapun harga (On-the-Road Jakarta) dimulai dari Rp842.000.000 untuk tipe Prime. Kemudian tipe Signature 2WD dengan harga Rp977.000.000 serta Signature AWD dengan harga Rp1.110.000.000.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Avanza di Ujung Tanduk, Ini yang Bikin Avanza Sulit Terlaris


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading