Rayakan Hari UMKM di HUT ke-65, Astra Adakan Acara Inspiratif

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
18 August 2022 19:00
Astra Foto: dok Astra

Jakarta, CNBC Indonesia - Astra Group merayakan Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) Nasional sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Astra. Dalam momentum tersebut, Astra menghadirkan berbagai rangkaian acara inspiratif, seperti Sustainability Webinar, Perayaan HUT YayasanDharma Bhakti Astra (YDBA), InnovNation Webinar, Astra CareerMeet Up, Virtual Exhibition, dan Kreasi Nusantara Wilayah Sulawesi.

Pada penyelenggaraan hari pertama, Astra mengadakan Sustainability Webinar bertema "Building Resilience through SMEs & local Village Product in Indonesia" yang dipandu oleh Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Anjani Sekar Arum. Hadir menjadi pembicara dalam sesi webinar ini yaitu Assistant Vice President Shipper Marina Hindarko dan Founder UMKM ABC Wooden Toys Rita Indriana mewakili UMKM Binaan YDBA.

Rangkaian acara hari pertama kemudian ditutup dengan perayaan HUT YDBA sebagai yayasan Astra yang fokus pada pembinaan UMKM di tanah air.


Kemudian pada hari kedua, acara akan dilanjutkan dengan InnovNation Webinar bertema "Bisnis Hyper local, UMKM Andal" yang dibawakan oleh Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Djamaludin, inisiator Kampung Sayur di Kampung Berseri Astra (KBA) Kanreapia, Sulawesi Selatan. Selanjutnya Founder IWEARUP, fashion designer, dan book author Diana Rikasari akan berbagi pengalamannya dalam sesi bertema "21st.

Di samping itu, Astra juga mengadakan Astra Career Meetup dengan tajuk "Project management 101" yang akan dibawakan oleh Sekretaris Pengurus YDBA Ida Rotua M. Sigalingging dan Communications & Investor Relations Manager Astra Agro Fenny Anggraeni.

Terakhir, Kreasi Nusantara Wilayah Sulawesi menjadi penutup acara perayaan HUT ke-65 Astra Wilayah Sulawesi pada hari ketiga. Adapun seluruh rangkaian acara tersebut dapat diakses melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live hingga 20 Agustus 2022.

Direktur Astra Gita Tiffani Boer menegaskan, bahwa Astra tidak hanya mengembangkan usahanya, tetapi turut membangun Insan Astra yang unggul dan mengembangkan kontribusi sosial yang berkelanjutan sepanjang 65 tahun perjalanannya.

"Hingga akhir tahun 2021, Astra telah membina lebih dari 15.900 UMKM, 24 Lembaga Pengembangan Bisnis, 878 penyandang disabilitas, serta 125 start-up yang turut menggerakkan kewirausahaan Indonesia," ujar dia dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Sebelumnya, Festival Kewirausahaan Astra 2022 membuka rangkaian HUT ke-65 Astra wilayah Sulawesi dengan menyelenggarakan seremoni pelepasan ekspor perdana produk unggulan dari tiga Desa Sejahtera Astra (DSA) yaitu DSA Wakatobi, DSA Bombana, dan DSA Bone dengan total transaksi senilai Rp6,5 miliar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Jumat (12/8) lalu.

"Dengan mengangkat tema utama 'Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama' pada perayaan HUT ke-65 ini, Astra ingin mengajak masyarakat luas yang tersebar di seluruh pelosok negeri untuk berbagi semangat positif dan optimisme, bergerak, dan tumbuh bersama menuju masa depan yang lebih baik," ungkap Gita.

Menurut dia, perayaan HUT ke-65 Astra masih akan berlanjut dengan membawa nuansa wilayah Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Indonesia Bagian Timur pada September dan November mendatang.

"Seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-65 Astra ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia," tegas dia.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki berharap Astra dapat memperkuat program kemitraan UMKM, baik melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra maupun melalui anak perusahaan lainnya.

"Semoga seluruh upaya kolaborasi dan sinergi antar kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, dan swasta, khususnya Astra, mampu memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Lebih lanjut, Astra ikut memperingati momentum HUT ke-77 Indonesia dengan melaksanakan upacara bendera secara nasional yang melibatkan Insan Astra. Di Jakarta, upacara dilaksanakan dengan melibatkan peserta dalam jumlah terbatas di Menara Astra, dan ditayangkan secara live melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro bertindak sebagai pembina upacara dalam upacara bendera tersebut.

Selain itu, Astra meluncurkan episode perdana dari 17an Seru Bareng Astra di platform digital 65tahunastra.jagat.live dan YouTube channel SATU Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI. Penonton dapat menyaksikan kelanjutan episode lomba yang dipandu oleh Tarra Budiman dan melibatkan peserta, terdiri dari Refal Hady, Yuki Kato, Arafah, Ardit Erwandha, Dhinda Salsabila, Derrick Michael, dan para Insan Astra YouTuber di YouTube channel SATU Indonesia pada 21, 25, dan 29 Agustus 2022.

Terakhir, pada 22 Agustus 2022 mendatang Demo Day dan Awarding Astranauts 2022 yang merupakan puncak acara kompetisi inovasi digital untuk mahasiswa dan start-up dari Astra menjadi penutup rangkaian selebrasi Hari Kemerdekaan RI 2022.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lewat ANJANI, P&G Indonesia Fasilitasi Pelaku Usaha Perempuan


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading