Waspada! Ada Potensi Gelombang Setinggi 6 Meter 9-10 Agustus

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
09 August 2022 09:45
BMKG Foto: Farih Maulana/detikcom

Jakarta, CNBC Indonesia - Wilayah perairan Indonesia masih berpotensi mengalami gelombang setinggi 6 meter pada hari ini 9-10 Agustus. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memantau pola angin di wilayah Indonesia bagian utara yang dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.


Sementara itu, pola angin wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Kecepatan tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, serta perairan barat Lampung-selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten, Laut Banda dan Laut Arafuru.

Kondisi ini berpotensi meningkatkan gelombang laut dengan ketinggian yang bervariasi. Adapun wilayah yang berpeluang terjadi gelombang tinggi adalah Samudra Hindia Barat-Bengkulu-Lampung, Samudra Hindia Selatan Banten-Jawa Barat.

Sementara itu, BMKG juga mencatat ada potensi gelombang dengan ketinggian antara 2,5 hingga 4 meter yang berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue-Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, dan Samudra Hindia Barat Aceh-Kepulauan Mentawai.

Kemudian, Selat Sunda Bagian Barat dan Selatan, perairan selatan Banten-Jawa Timur, perairan selatan Bali-Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa-Tengah-NTT, perairan selatan Sermata-Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru bagian Tengah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BMKG Beri Peringatan Dini Gelombang Tinggi, Ini Lokasinya


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading