Ekonomi RI Melesat, Ternyata Sudah Diramal Tim Sri Mulyani

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
27 July 2022 21:05
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Tangkapan layar) Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani (Tangkapan layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengungkapkan, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2022 yang baru saja diumumkan International Monetary Fund (IMF) sejalan dengan perhitungan pemerintah.

"Dari banyak proyeksi-proyeksi IMF, World Bank, ADB, konsisten satu sama lain dan in line dari assessment pemerintah," jelas Febrio dalam konferensi pers APBN Kita edisi Juli, Rabu (27/7/2022).

Seperti diketahui, berdasarkan perhitungan lembaga internasional tersebut, ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh 5,3% atau turun 0,1% poin dari perkiraan IMF pada bulan April 2022. Padahal, bulan April 2022 lalu, IMF juga telah memotong perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebanyak 0,2% poin.

Dalam laporan Dana Moneter Internasional (IMF) yang dikutip CNBC Indonesia, pertumbuhan ekonomi Indonesia diramal mampu melampaui China yang ekonominya jatuh dari sebelumnya tumbuh 8,1% menjadi 3,3% pada 2022.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga lebih tinggi dari Amerika Serikat (AS) yang diprediksi pada 2022 hanya mampu merealisasikan pertumbuhan 2,3% atau lebih rendah dari 2021 yang sebesar 5,7%.

Kendati demikian, Febrio bersyukur bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal I-2022, meskipun dihadapi dengan ketidakpastian yang tinggi, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih resilience mencapai 5,01% (year on year/yoy).

Pad Kuartal II-2022, Febrio bahkan optimistis pertumbuhan ekonomi tanah air akan lebih baik dibandingkan realisasi pertumbuhan Kuartal I-2022 atau lebih dari 5,01%.

"Keseluruhan 2022 cukup in line dengan prediksi lembaga internasional dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5% untuk keseluruhan 2022. Hal ini perlu kita jaga, sehingga daya beli masyarakat terjaga," jelas Febrio.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Terima Delegasi IMF, Ini Hasil Pertemuannya


(cap/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading