Jokowi Bertemu PM Fumio Kishida, Ini yang Akan Dibahas!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 July 2022 09:00
Jokowi tiba di Beijing (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini dijadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida pada hari ini, Rabu (27/7/2022) waktu setempat.

Jokowi telah tiba di Bandar Udara Haneda, Tokyo, Jepang pada Rabu dini hari. Jokowi bersama delegasi dijadwalkan akan bertemu dengan PM Jepang Fumio Kishida. Secara khusus, PM Kishida akan mengadakan jamuan makan siang bersama.


Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan resminya mengemukakan pemerintah Indonesia membawa misi memperkuat hubungan kerja sama ekonomi antar kedua negara, baik itu di bidang perdagangan maupun investasi.

"Selain membahas penguatan kerja sama bilateral, presiden dan para pemimpin negara tersebut tentunya di dalam pertemuan bilateral masing-masing akan membahas perkembangan terakhir beberapa isu kawasan dan isu internasional," kata Retno.

Sebelumnya, Jokowi telah menyelesaikan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri China Li Keqiang. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi meneken sejumlah kerja sama penting. Berikut daftarnya:

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa sore, 26 Juli 2022. Presiden Jokowi disambut oleh Presiden Xi dan keduanya langsung melakukan foto bersama. Setelahnya kedua pemimpin negara bersama-sama menuju ruang pertemuan. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa sore, 26 Juli 2022. Presiden Jokowi disambut oleh Presiden Xi dan keduanya langsung melakukan foto bersama. Setelahnya kedua pemimpin negara bersama-sama menuju ruang pertemuan. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

1. Pembaruan MoU Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative

2. MoU Kerja sama Pengembangan dan Penelitian Vaksin dan Genomika

3. MoU mengenai Pembangunan Hijau

4. Pengaturan Kerja sama Kelautan

5. Protokol mengenai ekspor nanas Indonesia

6. Pengaturan Kerja Sama Pertukaran Informasi dan Penegakan Pelanggaran Kepabeanan

7. Rencana Aksi Kerja Sama Pengembangan Kapasitas Keamanan Siber dan Teknologi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi, Kanselir Jerman & PM Jepang Saling Telepon, Pusing!


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading