Putin Teken UU yang Bikin Geger Soal Agen-Agen Asing

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
14 July 2022 20:42
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara selama pembicaraannya dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Kremlin pada 30 Juni 2022 di Moskow, Rusia. (Getty Images/Contributor) Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara selama pembicaraannya dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Kremlin pada 30 Juni 2022 di Moskow, Rusia. (Getty Images/Contributor)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani undang-undang (UU) terbaru terkait definisi agen pemerintah asing. Hal ini dilakukannya untuk menindak agen-agen yang menurutnya dapat mengganggu keamanan nasional.

Mengutip AFP, menurut undang-undang baru ini siapa pun "di bawah pengaruh asing" atau menerima dukungan dari luar negeri, bukan hanya aliran dana dari negara lain, sekarang dapat dinyatakan sebagai "agen asing" di Rusia.

Selain itu, Putin juga menandatangani RUU yang memperkenalkan hukuman penjara hingga tujuh tahun untuk segala macam seruan yang dirasa melanggar dan mengancam keamanan nasional.


Penandatanganan undang-undang baru ini dianggap menjadi ancaman kebebasan berpendapat. Dalam beberapa waktu terakhir otoritas keamanan Rusia telah menggunakan definisi ini untuk menangkap lawan politik Putin, jurnalis, dan aktivis hak asasi manusia.

Jumlah ini pun meningkat setelah Kremlin memerintahkan serangan ke Ukraina. Pihak-pihak yang menentang serangan ini dianggap membahayakan keamanan nasional.

Salah satu contoh terbaru penindakan kasus ini adalah penetapan kasus pidana terhadap salah satu tokoh oposisi terakhir yang tersisa di negara itu, Ilya Yashin. Ia diduga menyebarkan informasi palsu tentang tentara yang melakukan serangan ke Ukraina.

Pada bulan Juni, Yashin, yang juga merupakan anggota dewan kota Moskow, dijatuhi hukuman 15 hari penjara karena tidak mematuhi polisi. Ia sendiri telah dibebaskan pada Rabu kemarin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Breaking! Bank-Bank Rusia Diputus, 'Kiamat Keuangan' Putin


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading