Bos NATO Hingga PM India Berduka Shinzo Abe Meninggal Dunia

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
08 July 2022 16:37
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyentuh matanya saat ia menghadiri sesi komite anggaran majelis tinggi di parlemen di Tokyo pada 14 Maret 2018. (Photo by KAZUHIRO NOGI/AFP via Getty Images) Foto: Shinzo Abe (Photo by KAZUHIRO NOGI/AFP via Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menuai respons dari berbagai kalangan. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengaku sangat sedih atas kematian Abe yang dibunuh hari ini.

"Sangat sedih atas pembunuhan keji Shinzo Abe, seorang pembela demokrasi, dan teman saya selama bertahun-tahun. Belasungkawa terdalam saya untuk keluarganya, PM @kishida230, dan rakyat Jepang pada saat yang sulit ini," tulis Jens di akun Twitternya yang dikutip CNBC Indonesia, Jumat (8/7/2022).

Hal senada disampaikan PM India Narendra Modi via akun Twitternya.



"Saya terkejut dan sedih hingga tidak bisa berkata-kata atas kematian tragis salah satu teman tersayang saya, Shinzo Abe. Dia adalah seorang negarawan global yang menjulang tinggi, seorang pemimpin yang luar biasa, dan seorang administrator yang luar biasa. Dia mendedikasikan hidupnya untuk membuat Jepang dan dunia menjadi tempat yang lebih baik," tulis Modi.

Ucapan duka juga disampaikan Kedutaan Besar Polandia untuk Jepang.

"Hati kami hancur mendengar berita kematian mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, seorang negarawan besar Jepang dan teman baik Polandia. Pikiran kita bersama keluarga dan orang-orang terdekatnya. Semoga waktu memberi mereka penghiburan dan kedamaian." tulis Kedubes Polandia.

Abe dilaporkan wafat hari ini di salah satu RS di Nara. Ia dirawat usai ditembak saat berkampanye tadi pagi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Eks PM Jepang Shinzo Abe Ditembak, Pelaku Gunakan Shotgun


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading