Internasional

Alert! Italia Umumkan Keadaan Darurat, Ini Dia Penyebabnya

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
04 July 2022 20:12
A tree trunk lies on Po's dry riverbed as parts of Italy's longest river and largest reservoir of freshwater have dried up due to the worst drought in the last 70 years, in Boretto, Italy, June 22, 2022. REUTERS/Guglielmo Mangiapane Foto: REUTERS/GUGLIELMO MANGIAPANE

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa wilayah di Italia kini dilanda kekeringan parah. Pemerintah akan mengumumkan keadaan darurat untuk daerah-daerah yang paling parah, menurut sebuah pernyataan Senin (4/7/2022) pukul 18:00 waktu setempat.

Melansir Reuters, mendeklarasikan keadaan darurat memungkinkan pihak berwenang untuk mengambil keputusan lebih cepat, memotong melalui prosedur legislatif normal.

Beberapa wilayah Italia telah menyatakan keadaan darurat, mencari dana untuk melawan krisis air yang meningkat karena asosiasi pertanian mengatakan hasil pertanian akan turun tahun ini akibat kekurangan tersebut.


Sebagaimana diketahui, Italia tengah menderita kekeringan terburuk dalam 70 tahun karena gelombang panas dan kurangnya hujan. Banyak sungai besar di negara itu menghadapi level rendah lebih dari setengahnya. Para ahli juga mengatakan produksi pertanian akan sangat terganggu tahun ini.

Italia sempat mendapatkan hujan lebat dalam beberapa hari terakhir di Valle d'Aosta dan telah sedikit memperbaiki situasi di wilayah utara, dengan observatorium air negara ANBI mengatakan bahwa pusat kekeringan kini telah bergeser ke selatan ke wilayah tengah.

Salah satu sungai yang terkena dampak terburuk adalah yang terpanjang di Italia, Sungai Po, yang telah mengering secara signifikan dan sekarang turun tiga perempat.

Po sangat penting untuk irigasi seperti saluran air Italia lainnya, yakni Arno, Aniene, dan Tiber, yang semuanya memiliki lebih sedikit air selama musim panas ini. Danau di utara juga menghadapi skenario yang sama dan kosong karena kurangnya salju saat musim dingin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Eropa Makin Ngeri? Italia Umumkan Status Darurat di Sini


(tfa/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading