Beda Gaya Jokowi Saat Kunjungi Putin & Zelensky Jadi Sorotan

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
02 July 2022 17:00
Presiden dan Ibu Iriana turun dari kereta disambut oleh Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Senik, Kepala Komisi Hubungan Antar Pemerintah Ukraina-Indonesia Taras Kachka, dan pejabat KBRI Kyiv. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Ukraina dan Rusia baru-baru ini. Kunjungan Jokowi dengan pemimpin kedua negara tersebut dilakukan setelah menghadiri KTT G7 di Jerman di mana Indonesia berpartisipasi sebagai negara rekanan G7 bersama India, Afrika Selatan, Senegal, dan lainnya.

Kunjungan tersebut mempunyai misi untuk perdamaian kedua negara yang kini tengah berseteru. Ada perbedaan gaya pakaian saat Jokowi mengunjungi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Saat bertemu Zelensky pada Rabu (29/6), Jokowi terlihat lebih santai dengan balutan kasual kemeja putih, celana hitam, dan sepatu sneaker buatan lokal Indonesia.


Presiden Jokowi disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana Maryinsky, Rabu (29/6/2022).(Foto: Laily Rachev  - Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Jokowi disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana Maryinsky, Rabu (29/6/2022).(Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana Maryinsky, Rabu (29/6/2022).(Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sementara Zelensky pun memakai baju kasual berwarna army atau hijau lumut. Berkemeja dengan warna yang hampir sama dengan celana, Zelensky memadukan tampilannya dengan sepatu sneaker. Bagian tangan kemeja keduanya pun kompak digulung setengah.

Kemudian, saat berkunjung ke Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Jokowi mengenakan setelan jas resmi bernada gelap yakni setelan jas berwarna hitam, berdasi biru dongker, dan sepatu pantofel hitam. Sedangkan Putin menyambut Jokowi dengan balutan jas berwarna biru dongker, lengkap dengan dasi dan sepatu pantofel.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Joko Widodo menghadiri konferensi pers di Kremlin di Moskow pada 30 Juni 2022. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Joko Widodo menghadiri konferensi pers di Kremlin di Moskow pada 30 Juni 2022. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Joko Widodo menghadiri konferensi pers di Kremlin di Moskow pada 30 Juni 2022. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dari pertemuan dengan kedua pemimpin tersebut, Jokowi menegaskan kunjungannya ke sana tak memiliki kepentingan apa pun selain ingin perang kedua negara tersebut selesai. Jokowi juga mengharapkan pasokan pangan, pupuk dan energi dapat segera diperbaiki.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Tiba-tiba Telepon Putin, Ini Isi Pembicaraannya


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading