Tiba di Indonesia, Jokowi Takziah ke Kediaman Tjahjo Kumolo

News - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
02 July 2022 11:45
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi takziah ke rumah duka MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (2/7/2022).  (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo baru saja tiba di Indonesia pada Sabtu (2/7/2022) pagi, usai melakukan kunjungan kerja ke Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab (PEA) selama sepekan. Setibanya di Tanah Air, Presiden dan Ibu Negara langsung bertakziah ke rumah duka almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta.

Tiba sekitar pukul 07.22 WIB, Presiden dan Ibu Iriana langsung disambut oleh istri Tjahjo, Ibu Erni Guntarti, beserta anak-anaknya. Setelah berbincang sekaligus mendoakan almarhum, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berpamitan dan kemudian meninggalkan rumah duka.

Presiden Jokowi mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana. Menurut Presiden, Tjahjo Kumolo juga merupakan seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi takziah ke rumah duka MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (2/7/2022).  (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi takziah ke rumah duka MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (2/7/2022). (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi takziah ke rumah duka MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (2/7/2022). (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

"Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara," ujar Presiden saat menyampaikan belasungkawa di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, Jumat (1/7) kemarin.

Semasa hidupnya, Jokowi menilai almarhum Tjahjo adalah seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai menteri.

Tjahjo Kumolo berpulang pada Jumat, 1 Juli 2022, pukul 11.10 WIB di Jakarta. Selama masa kepemerintahan Jokowi, Tjahjo pernah menjabat dua posisi menteri, yakni Menteri Dalam Negeri dan Menteri PAN RB.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Rencana Mulia di Balik Honorer Dihapus, Baca Baik-baik


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading