Dari Produk Ini Pertamina Proaktif Dukung Infrastruktur Jalan

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
27 June 2022 17:36
Pertamina Patra Niaga Foto: Dok Pertamina Patra Niaga

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak hanya dukungan energi, Pertamina juga mendukung material bahan baku utama yang dibutuhkan oleh pembangunan infrastruktur jalan yang di antaranya adalah produk Aspal. Mengingat pembangunan infrastruktur di Indonesia merupakan salah satu program strategis Pemerintah. 

Pertamina berkontribusi melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga dan PT Kilang Pertamina Internasional selaku pemasaran dan produksi Aspal.

Diproduksi di Kilang Cilacap, Pertamina mendistribusikan produk Aspal ke seluruh nusantara dengan dukungan jaringan supply point dan jaringan Channel Distribusi di seluruh pelosok negeri.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan Jaringan suplai utama Aspal Pertamina terletak di Bitumen Plant Gresik-Jawa Timur, Terminal Aspal Curah Ciwandan-Banten, Dumai-Riau, dan Pangkalan Susu-Sumatera Utara. Dengan kemampuan suplai Aspal lebih dari 800.000 MT/Tahun yang didukung oleh channel distribusi yang lebih dari 100 channel.

Pertamina mampu untuk memberikan jaminan suplai sampai ke pelosok negeri dengan spesifikasi Aspal yang sudah diakui dan sesuai dengan spesifikasi Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Ini juga menegaskan bahwa produk Aspal Pertamina dapat diaplikasikan ke seluruh jenis jalan di Indonesia baik dari jalan bebas hambatan (jalan tol), jalan nasional sampai dengan jalan desa. 

Selain itu, Pertamina juga mendukung Program Gerakan Bangga Buatan Indonesia yang merupakan program Pemerintah untuk mendukung produk dalam negeri, sehingga Pertamina berkomitmen untuk memperbarui sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) untuk menegaskan bahwa produk Aspal tersebut adalah bagian dari karya anak bangsa.

VP Petrochemical Industry Business PT. Pertamina Patra Niaga, Oos Kosasih menyebut, sesuai dengan Perpres No. 12 Tahun 2021 bahwa Aspal Pertamina memenuhi syarat minimum barang dalam negeri dengan kategori barang preferensi karena nilai TKDN lebih dari 25%.

"Hal ini membuktikan bahwa Aspal Pertamina merupakan satu-satunya produk Aspal turunan minyak bumi yang memiliki TKDN paling tinggi dibandingkan Aspal impor yang banyak beredar," tukasnya dalam Keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/6/2022).

Untuk itu, lanjutnya, Pertamina berkomitmen untuk selalu menjaga pelayanan dan jaminan suplai produk Aspal dari seluruh negeri dengan menyediakan jenis produk Aspal Curah dan Aspal Drum kemasan 155 Kg. Untuk mendukung jaminan kualitas produk Aspal yang dikirimkan ke pelanggan, Pertamina memiliki laboratorium yang tersertifikasi KAN (Komite Akreditasi Nasional) di Pulogadung, Jakarta Timur.

"Kami juga turut melakukan penelitian pengembangan produk Aspal untuk peningkatan performa sesuai perkembangan teknologi saat ini. Kami percaya dengan kekuatan jaringan distribusi Pertamina, kami dapat mendukung penuh program infrastruktur Pemerintah sampai ke pelosok negeri," tambah Oos Kosasih. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Simak, Blak-blakan Bos Pertamina Soal Alasan Naiknya Pertamax


(bul/bul)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading