Internasional

Sebelum Bertemu Jokowi, Putin Bakal Kunjungi 2 Negara Ini

News - luc, CNBC Indonesia
27 June 2022 11:20
Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Kirgistan Sadyr Japarov, Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev dan Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon memasuki aula sebelum pertemuan para pemimpin Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) ) negara-negara anggota di Kremlin di Moskow, Rusia, Senin, 16 Mei 2022. (Alexander Nemenov/Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Rusia Vladimir Putin akan melakukan kunjungan ke luar negeri untuk pertama kalinya sejak ia melancarkan serangan ke Ukraina.

Vladimir Putin akan mengunjungi dua negara kecil bekas Soviet di Asia Tengah pada pekan ini.

Dalam laporan stasiun televisi pemerintah Rossiya 1 yang dikutip oleh Al Jazeera, Senin (27/6/2022), Putin akan mengunjungi Tajikistan dan Turkmenistan dan kemudian bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo untuk melakukan pembicaraan di Moskow.


Di Dushanbe, Putin akan bertemu Presiden Tajikistan Emomali Rahmon. Dia dikenal sebagai sekutu dekat Rusia dan penguasa terlama di bekas negara Soviet tersebut.

Di Ashgabat, dia akan menghadiri pertemuan puncak negara-negara Kaspia, termasuk para pemimpin Azerbaijan, Kazakhstan, Iran, dan Turkmenistan.

Adapun, kunjungan terakhir Putin ke luar negeri dilakukan pada awal Februari sebelum serangan ke Ukraina ke China.

Di Beijing, Putin dan Presiden China Xi Jinping meluncurkan perjanjian persahabatan "tanpa batas" beberapa jam sebelum keduanya menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin.

Seperti diketahui, serangan Rusia pada 24 Februari telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal, dan menyebabkan sanksi keuangan yang berat dari Barat, yang menurut Putin adalah alasan untuk membangun hubungan perdagangan yang lebih kuat dengan kekuatan lain seperti China, India, dan Iran.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Bakal "4 Mata" dengan Putin? Ini Kata Kemlu & Rusia


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading