Sebelum Sampai ke Konsumen, Ayam Goreng KFC Lewati Proses Ini

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
26 June 2022 19:36
Proses Quality Control KFC

Jakarta, CNBC Indonesia - KFC Indonesia terus menjaga ketatnya prosedur dan pengontrolan kualitas dari Sistem Quality Assurance hingga proses Quality Control (QC) pada setiap bagian dalam menyajikan ayam goreng berkualitas.

Proses QC sudah berjalan sejak pemilihan bahan baku. PT Fast Food Indonesia, Tbk, (PT FFI) sebagai pemegang waralaba KFC di Indonesia, memperoleh bahan baku dari berbagai pemasok.

Chief Executive Officer PT Fast Food Indonesia, Tbk, Eric Leong mengatakan, pihaknya menjalankan Quality Assurance System mulai dari pemasok, gudang penyimpanan, transportasi hingga gerai KFC secara menyeluruh dan dengan saksama.


"Proses tersebut tidak sesederhana yang dibayangkan, karena kami harus mengontrol sedemikian banyak bahan dan ratusan gerai. Yang pasti, semua itu kami lakukan agar konsumen dapat menikmati semua menu KFC, tidak hanya dengan cita rasanya yang terjaga, tetapi juga dengan aman dan nyaman," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (24/6/2022).

Adapun secara khusus PT FFI melakukan pengawasan proses produksi hingga proses pengiriman yang melampirkan COA (Certificate of Analysis) di setiap pengiriman bahan baku ke PT FFI. Terdapat dua sistem audit yang dilakukan oleh PT FFI, yaitu Food Safety Audit dan Quality System Audit. Ditambah dengan evaluasi secara berkala untuk memantau konsistensi pemenuhan standar bahan baku. 

Secara rutin Transportation Audit juga dilakukan untuk memastikan semua armada yang mengirim bahan baku ke gerai KFC secara konsisten memenuhi persyaratan seperti menjaga suhu, proses handling, dan fasilitas armada.

PT FFI juga memperhatikan aspek-aspek di luar makanan, seperti kebersihan dan kenyamanan area makan, fasilitas yang ada di gerai, termasuk juga pemeriksaan area bermain anak yang ada di beberapa gerai KFC.

Selain itu, prosedur memasak dijalankan dengan ketat, sejak meramu semua bahan, menyalakan alat memasak, hingga lamanya memasak juga dijaga ketat. Di tahap ini, store manager akan memastikan tingkat kematangan, penampilan, aroma, rasa dan cara penyajian yang sesuai dengan standar yang diterapkan.

"Mengapa KFC menjadi pilihan utama jika ingin menikmati ayam goreng tepung? Itu karena kami mampu menjaga cita rasa dan kualitas makanan KFC melalui proses quality control yang ketat," pungkas Eric.


[Gambas:Video CNBC]

(bul/bul)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading