Ini Penyebab Avanza Keok, Ada Yang Laku Cuma 7 Unit

News - tps, CNBC Indonesia
25 June 2022 10:00
Mobil 'Penghancur' Avanza Tak Diduga, Terlaris di RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan Toyota Avanza di bulan Mei 2022 harus terlempar dari peringkat 10 besar. Hal ini terungkap dari data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Pada Mei 2022, Avanza hanya terjual 1.766 unit saja. Angka ini pun jauh dari penjualan Honda Brio yang menduduki posisi pertama mobil terlaku Mei 2022. Mobil itu dilaporkan terjual 4.121 unit.

Bahkan, ada jenis Avanza yang tidak begitu laku terjual, yakni All New Avanza 1.5 G CVT TSS 2021 dengan hanya terjual 7 unit. Mobil ini merupakan tipe Avanza termahal dengan banderol Rp 295.800.000.


Harga yang hampir mencapai Rp 300 juta itu karena Toyota menyisipkan teknologi TSS, yakni dibuat untuk membantu melindungi pengemudi dan penumpang, khususnya untuk mengurangi potensi bahaya dalam berkendara.

Sebelum Avanza, Toyota sudah memperkenalkan sistem TSS ini di Toyota Raize. Fitur TSS dilengkapi dengan teknologi kamera dan sensor laser. Sistem TSS dirancang untuk mengurangi bahaya saat berkendara. Meski memiliki fitur canggih, namun nyatanya dari segi penjualan tidak begitu mengangkat pencapaian.

Pada bulan sebelumnya juga mobil ini hanya terjual 20 unit, kemudian di Maret sempat menyentuh 21 unit. Mobil ini sempat terjual banyak pada Februari lalu yakni sebanyak 434 unit, namun di bulan sebelumnya juga tergolong sedikit hanya 62 unit.

Penjualan rendah juga ada pada Avanza selain yakni All New Avanza 1.5 G CVT TSS, yakni Avanza 1.3 A/T Transmover yang hanya terjual 26 unit pada bulan lalu.

Sebaliknya, penjualan besar ada pada jenis lain yakni All New Avanza 1.3 E 2021 transmisi manual yang bulan lalu mencapai 1.093 unit, kemudian pada bulan Maret mencapai 3.106 unit.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Video: Mobil 'Penghancur' Avanza Tak Diduga, Terlaris di RI


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading