Internasional

Waduh! Pesawat Militer Rusia Jatuh, Ada Korban Jiwa

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
24 June 2022 12:00
Sebuah pesawat tempur Sukhoi Su-35S Rusia dan pembom strategis Tu-95ms terbang dalam formasi di atas sebuah gereja selama latihan untuk flypast, yang merupakan bagian dari parade militer yang menandai peringatan kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua, di Moskow, Rusia, Rabu (4/5/2022). (REUTERS/Maxim Shemetov) Foto: Sebuah pesawat tempur Sukhoi Su-35S Rusia dan pembom strategis Tu-95ms terbang dalam formasi di atas sebuah gereja selama latihan untuk flypast, yang merupakan bagian dari parade militer yang menandai peringatan kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua, di Moskow, Rusia, Rabu (4/5/2022). (REUTERS/Maxim Shemetov)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah pesawat kargo militer Ilyushin Il-76 jatuh dan terbakar saat mendarat di dekat kota Ryazan di Rusia barat, Jumat (24/6/2022). Laporan mengatakan pesawat dalam perjalanan dari kota Ural Orenburg ke Belgorod di perbatasan Ukraina.

Laporan kantor berita Interfax, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan ada tiga korban tewasdan enam lainnya luka-luka.

Sementara itu laporan kantor berita TASS, mengutip seorang pejabat darurat, mengatakan korban tewas ada empat dari 10 orang yang ada di dalam pesawat. Para penumpang yang terluka telah dirawat di rumah sakit dengan berbagai cedera.

"Dua mayat diambil dari pesawat yang terbakar," kata kantor berita TASS, dikutip Moscow Times.

Secara terpisah, kementerian pertahanan Rusia mengatakan pesawat itu mengalami kerusakan mesin saat dalam penerbangan pelatihan. Kementerian tidak memberikan rincian kematian awak.

Laporan kementerian itu tidak menunjukkan apakah Il-76 sedang mengangkut tentara untuk ditempatkan di Ukraina, di mana Rusia telah melancarkan kampanye militer sejak akhir Februari lalu.

Cabang regional Kementerian Darurat Rusia mengatakan tidak ada kerusakan infrastruktur akibat kecelakaan itu.

Di sisi lain, pakar pertahanan telah mengkritik pesawat Ilyushin-76 yang berusia setidaknya 30 tahun dan yang masa pakainya hampir habis. Ini akibat pemeliharaan yang buruk dan standar keselamatan yang lemah, dengan negara itu belum lama ini mengalami beberapa bencana udara yang mematikan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Juragan Minyak Rusia: Raksasa Rosneft, Jantung Ekonomi Rusia


(tfa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading