Sejumlah Tantangan RI Penuhi Pesanan Batu Bara Eropa

News - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
23 June 2022 10:30
Kapal tongkang Batu Bara (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia berpeluang untuk memasok batu bara ke sejumlah negara di Eropa. Hal tersebut menyusul dengan aksi boikot negara barat terhadap ekspor-impor komoditas Rusia sebagai sanksi ekonomi negara beruang putih itu.

Meski begitu, Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Rizal Kasli menilai bahwa upaya peningkatan produksi untuk memenuhi kebutuhan ekspor tidaklah mudah. Setidaknya ketersediaan alat berat dan alat angkut menjadi tantangan tersendiri.

"Pertama adalah bahwa saat ini juga terjadi kelangkaan suplai alat berat yang dibutuhkan untuk peningkatan produksi itu agak sulit," kata dia kepada CNBC Indonesia, Rabu (22/6/2022).


Di samping itu, ketersediaan alat berat untuk kegiatan tambang juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Paling tidak penambang harus menunggu terlebih dahulu sekitar 12 hingga 15 bulan lamanya.

"Yang satu lagi adalah alat angkut yang kita kebanyakan kita gunakan, misalnya tongkang nah ini sulit untuk didapatkan sehingga ini bisa jadi penghambat," ujarnya.

Seperti diketahui, sejumlah negara di Eropa kembali memilih batu bara sebagai alternatif sumber energinya. Indonesia sebagai produsen dan eksportir besar batu bara dunia mulai dilirik oleh negara-negara tersebut.

Jerman, Italia, Austria, dan Belanda melihat bahwa pembangkit listrik tenaga batu bara dapat membantu Eropa melalui krisis energi karena harga gas yang melonjak. Akibatnya inflasi pun memanas di berbagai negara Eropa. Ini adalah buntut dari boikot impor energi dari Rusia akibat konflik di Ukraina.

Pemerintah Belanda mengatakan akan menghapus batas produksi pembangkit listrik berbahan bakar batu bara. Jerman yang bergantung banyak kepada Rusia untuk pemenuhan gas alamnya juga mengumumkan rencana untuk memulai kembali pembangkit listrik tenaga batu bara. Sebelumnya penggunaan energi batu bara di Jerman ingin dihentikan secara bertahap.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Warga Marunda Ngamuk ke Anies, Protes Debu Batu Bara!


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading