Internasional

Jokowi Akan Temui Zelensky & Putin, Ini yang Bakal Dibahas

News - luc, CNBC Indonesia
23 June 2022 06:42
Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan para pemred berfoto bersama berjalan di Titik Nol Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu 22 Juni 2022. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden.) Foto: Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan para pemred berfoto bersama berjalan di Titik Nol Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu 22 Juni 2022. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden.)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi dan bertemu dengan dua pemimpin negara yang tengah berperang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Untuk Zelensky, pertemuan akan diadakan setelah dirinya menghadiri pertemuan KTT G7 di Jerman pada 26-28 Juni mendatang. Adapun, waktu pertemuan dengan Putin di Moskow belum dapat dipastikan.

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan kunjungan ini dilakukan Jokowi untuk menunjukkan kepedulian Indonesia terhadap isu kemanusiaan dan dorongan untuk perdamaian. Sebagai Presiden G20 dan satu satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi hendak berkontribusi dan tidak akan tinggal diam.


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara selama konferensi pers di Kyiv, Ukraina, Jumat (28/1/2022). (Ukrainian Presidential Press Office via AP)Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara selama konferensi pers di Kyiv, Ukraina, Jumat (28/1/2022). (Ukrainian Presidential Press Office via AP)

"Kita paham situasi saat ini masih sangat sangat sangat complicated. Dunia juga paham mengenai kompleksitas masalah yang ada," ujar Retno dalam konferensi pers virtual pada Rabu (22/6/2022).

"Meski situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai Presiden G20 dan satu satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam," jelasnya.

Khusus Ukraina, Jokowi akan menjadi pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke negara itu pasca serangan pada 24 Februari lalu. Ia juga menjadi segelintir pimpinan Asia yang datang ke Rusia setelah perang pecah.

Pemerintah Rusia pimpinan Presiden Vladimir Putin (Getty Images/Contributor)Foto: Pemerintah Rusia pimpinan Presiden Vladimir Putin (Getty Images/Contributor)
Pemerintah Rusia pimpinan Presiden Vladimir Putin (Getty Images/Contributor)

"(Indonesia) mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan akibat perang, yang dampaknya dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah," tambah Retno.

Sayangnya, belum ada tanggal pasti yang disebutkan Retno. Tapi, setelah kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Jokowi juga akan melakukan kunjungan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) untuk menindaklanjuti kerja sama di bidang ekonomi antara kedua negara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Tiba-tiba Telepon Putin, Ini Isi Pembicaraannya


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading