Internasional

Covid Minggir Dulu, Cacar Monyet Sudah Sampai Korea

News - sef, CNBC Indonesia
22 June 2022 15:53
People wearing face masks to help protect against the spread of the coronavirus prepare to board a train ahead of the upcoming Chuseok holiday, the Korean version of Thanksgiving Day, at the Seoul Railway Station in Seoul, South Korea, Tuesday, Sept. 29, 2020. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Jakarta, CNBC IndonesiaKorea Selatan (Korsel) melaporkan kasus pertama cacar monyet (monkeypox) di negara itu, Rabu (22/6/2022). Kasus diimpor dari seorang warga yang tiba dari Jerman.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea merahasiakan identitas kasus. Namun ia mengalami demam sejak pekan lalu dan mengalami pemburukan gejala, seperti kelelahan dan ruam kulit.

"Pasien tersebut melapor ke pihak berwenang di bandara sebelum mereka melakukan kontak dekat dengan orang lain dan sekarang menerima perawatan," kata kepala lembaga itu, Peck Kyong-ran, dikutip AFP.


Kasus Korsel membuat jumlah negara yang kemasukan cacar monyet menjadi 40. Peck meminta setiap orang yang menunjukkan gejala melapor ke pihak berwenang.

Laporan Korsel datang setelah laporan Singapura. Tetangga RI ini juga mendeteksi kasus pertama cacar monyet dari pramugari Inggris yang masuk ke negeri itu.

Singapura sendiri terakhir menemukan kasus 2019. Saat ini Eropa menjadi pusat penyebaran virus yang terutama menyerang pria yang berhubungan seks dengan pria tersebut.

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengadakan pertemuan darurat pada Kamis untuk menentukan apakah akan mengklasifikasikan wabah cacar monyet global sebagai darurat kesehatan masyarakat. Bila disahkan, penyakit ini akan menjadi perhatian internasional.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh Penyakit Cacar Monyet, Begini Penjelasan Kemenkes


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading