Bandung Bakal Dilewati Tol Terpanjang RI, Tarifnya Merakyat?

News - redaksi, CNBC Indonesia
22 June 2022 11:15
Emiten konstruksi BUMN, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) menguasai sebanyak 20% saham di Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Gedebage Cilacap (PT JGC). Foto: Salah satu ruas tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Tol Getaci. (Dok. Waskita Karya)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bandung bakal dilewati tol yang akan jadi yang terpanjang di Indonesia. Dimana, konstruksi ditargetkan mulai pada kuartal II-2023. T Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) mengungkapkan, anak usaha PT Jasa Marga (Persero) sudah saat memasuki tahap inventarisasi lahan untuk pembangunan tol Gedebage-Cilacap.

Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap Johannes Mancelly menjelaskan penerbitan penetapan lokasi (penlok) sudah dilakukan pada Februari 2022, mencakup wilayah Gedebage hingga Garut Utara.

Lalu berapat tarif yang akan diberlakukan di ruas tol ini nantinya?


Berdasarkan hasil pengumuman pelelangan Nomor 37.1/BPJT/L/GBTC/2021, untuk tarif tol awal golongan I pada 2024 mendatang ditetapkan sebesar Rp 2.025 per kilometer. Dengan demikian, jika dihitung secara kasar, tarif tol yang harus dibayarkan dari pintu tol Gedebage hingga tol Cilacap dan sebaliknya mencapai Rp 418.466 untuk sekali jalan.

Hingga saat ini proses identifikasi dan pematokan yang masuk dalam seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara Jalan Tol Gedebage-Cilacap untuk wilayah kota Bandung dan kabupaten Garut telah selesai dilakukan.

"Progres kebutuhan lahan untuk kota Bandung dan kabupaten Garut sudah dalam proses inventarisasi. Sementara itu kabupaten Bandung saat ini masih dalam proses penerbitan surat keputusan pembentukan tim pengadaan tanah," kata Johannes dalam keterangan, Selasa (21/6/2022).

Pembangunan tol sepanjang 206,65 kilometer ini diprediksi menelan investasi sebesar Rp56,2 triliun. Nantinya, Jasa Marga dan konsorsium berhak atas konsesi hingga 40 tahun atas jalan tol tersebut.

Nantinya, tol ini akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,09 Km dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 37,56 Km. Jalan tol ini terbagi atas empat seksi, yaitu:

- Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 Km
- Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 Km
- Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 Km
- Seksi 4 Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 Km.

Pembangunan Jalan Tol Gedebage-Cilacap direncanakan akan dilakukan dalam dua tahap. Pembangunan untuk tahap pertama yaitu Seksi 1 dan Seksi 2, yang dimulai dari Junction Gedebage hingga Simpang Susun (SS) Tasikmalaya sepanjang 95,52 Km. Sedangkan untuk tahap kedua yaitu Seksi 3 dan Seksi 4, yang dimulai dari SS Tasikmalaya hingga SS Cilacap sepanjang 111,13 km.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat! Ini Kisaran Biaya Tol Mudik Bandung


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading