Jokowi: Jangan Paksa Orang Papua Tanam Padi, Makan Nasi!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 June 2022 13:43
Presiden RI Jokowi di Rakernas II PDI Perjuangan Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat - 21 Juni 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tak boleh lagi ada pihak-pihak yang memaksa orang Papua untuk menanam padi atau memakan nasi.

Berbicara dalam Rakernas PDIP 2022, Jokowi menilai setiap daerah memiliki ciri khas makanan pokok masing-masing dan tidak ada kewajiban tetap suatu daerah memakan nasi.


"Papua, misalnya tanahnya cocok untuk menanam sagu, tradisi makanan pokoknya juga sagu. Jangan kita paksa untuk makan padi, makan beras, dan kita paksa untuk menanam padi, untuk makan nasi," kata Jokowi, Selasa (21/6/2022).

Jokowi juga mencontohkan misalnya seperti wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang lebih cocok untuk menanam dan mengonsumsi sorgum. Pemerintah pun sudah menanam sorgum di lahan seluas 40 hektare di Waingapu, NTT.

"Sebelumnya memang warga di NTT itu nanamnya sorgum atau cantel, tapi bergeser ke beras, di sinilah kekeliruannya," kata Jokowi.

Jokowi menyebut, sorgum bisa menjadi alternatif pengganti gandum. Apalagi, saat ini harga gandum melonjak akibat dampak dari perang antara Rusia dan Ukraina.

"Dan kita tergantung impor dari luar. Begitu perang sekarang sorgum naiknya di atas 30%. Impor kita gandum sekarang ini 11 juta ton," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap! Indonesia akan Punya 3 Provinsi Baru di Papua


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading