Titah Jokowi: Tangani Wabah PMK Layaknya Pandemi Covid-19

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 June 2022 18:55
Pengantar Presiden Joko Widodo Pada Sidang Kabinet Paripurna, Istana Negara (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajarannya untuk menyelesaikan masalah penyakit mulut dan kuku (PMK) layaknya seperti menangani masalah pandemi Covid-19.

Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/6/2022).


"Saya lupa tadi mengenai penyakit mulut dan kuku, betul-betul harus ditangani dengan baik seperti Covid-19 kemarin," kata Jokowi.

"Cara itu bisa dilakukan untuk penyakit mulut dan kuku, sudah ada contohnya dan cara-caranya. Saya kira silahkan segera dilaksanakan di lapangan," jelasnya.

Sebagai informasi, kurang dari tiga pekan jelang Idul Adha, stok sapi hidup yang memasuki Kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat ternyata menipis.

Hal ini tidak lepas dari adanya proses karantina dan pemeriksaan ketat untuk pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Pedagang pun mengakui bahwa ada penurunan suplai akibat wabah tersebut.

Berdasarkan data teranyar, sebanyak 211.034 hewan ternak telah terpapar PMK. Dari angka tersebut, sebanyak 66.582 hewan ternak yang terpapar PMK sudah sembuh, dan 1.222 ekor lainnya mati.

Adapun sebanyak 1.888 hewan telah dipotong bersyarat dan 141.342 ekor belum sembuh.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wabah Virus Pada Sapi di RI Menyebar, Ini Strategi Pemerintah


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading