Jokowi & Hadi Tjahjanto, Sebuah Kedekatan yang Tidak Biasa

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
17 June 2022 12:55
Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto saat dilanti sebagai Kepala Staf Angkatan Udara. (CNN Indonesia/Christie Stefanie) Foto: Hadi Tjahjanto (kiri) dan Joko Widodo (kanan) di Istana Negara, beberapa tahun lalu (Dokumentasi CNN Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk sisa masa jabatan hingga 2024 mendatang.

Ada sederet alasan Jokowi untuk kembali membawa Hadi ke dalam lingkungan pemerintahan setelah purnatugas. Salah satunya, karena Hadi dikenal sebagai pribadi yang detail saat bekerja, terutama kala berdinas di TNI AU.

"Beliau dulu sebagai mantan Panglima [TNI] menguasai teritori, kita juga tahu, pak Hadi kalau ke lapangan kerjanya sangat detail," kata Jokowi usai melantik sejumlah menteri dan wakil menteri di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Hadi sendiri mendapatkan tugas khusus dari Jokowi untuk mengatasi persoalan sengketa lahan dan persoalan sertifikat lahan, tak terkecuali masalah lahan di proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)Foto: Hadi Tjahjanto saat menjabat sebagai Panglima TNI (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Menilik dari rekam jejak Jokowi dan Hadi, keduanya memang hampir tidak pernah dipisahkan. Jokowi dan Hadi memang tidak pernah berjauhan dari sisi pekerjaan mereka.

Hadi merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI Angkatan Udara 1987. Hadi pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di TNI.

Salah satunya, adalah Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Sumarmo, Boyolali, Jawa Tengah pada periode 2010-2011. Di saat yang sama, Jokowi kala itu masih menjabat sebagai wali kota Solo untuk periode kedua.

Indonesia's military chief Hadi Tjahjanto talks to journalists during a press conference with Head of Indonesian Search and Rescue Agency Muhammad Syaugi (L) at Tanjung Priok port in Jakarta, Indonesia, October 31, 2018. REUTERS/Willy KurniawanFoto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kepala Badan Pencarian dan Penyelamatan Indonesia Muhammad Syaugi (kiri) memberi keterangan pers di Posko Basarnas, Tanjung Priok. REUTERS/Willy Kurniawan

Baru satu tahun menjalani periode kedua sebagai Wali Kota Solo, Jokowi kemudian diboyong ke Jakarta untuk mengikuti pemilihan kepala daerah dan berhasil meraih kemenangan sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012.

Karier Hadi juga pada saat ini sedang naik. Hadi pernah menempati jabatan Direktur Operasi dan Latihan Badan SAR Nasional dan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara di Jakarta sejak periode 2011 hingga 2015.

Jokowi yang pada saat itu belum menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta, kemudian diusung sebagai calon presiden dan menang dalam Pemilu 2014.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)Foto: Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto di kantornya. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Saat Jokowi menjabat sebagai kepala negara, Hadi kemudian diberi jabatan Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2015. Setelah itu, ia diangkat menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan pada Oktober 2016.

Sejak saat itu, karier Hadi terus menanjak lantaran ia diberi tugas sebagai Danlanud Abdulrachman Saleh, Malang Jawa Timur pada 2016. Satu tahun setelahnya, ia kemudian ditunjuk sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada 2017.

Belum satu tahun menyelesaikan jabatannya, Hadi terpilih sebagai Panglima TNI hingga 2021. Setelah pensiun, Hadi kemudian ditunjuk Jokowi sebagai Komandan Lapangan persiapan Penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Zulhas & Hadi Tjahjanto Masuk Kabinet, Jadi Menteri Apa?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading