Sri Mulyani Kesal Duit Habis Buat PNS, Apa Kabar Gaji ke-13?

News - Redaksi, CNBC Indonesia
17 June 2022 08:10
INFOGRAFIS, Cair, Ini Jadwal Pencairan Gaji ke-13 PNS

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meluapkan kekesalannya kepada pemerintah daerah, karena dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kebanyakan habis untuk gaji dan kebutuhan pegawai.

Padahal banyak kebutuhan mendesak, misalnya pembangunan infrastruktur untuk masyarakat, bantuan sosial maupun pelayanan lainnya.


Tapi tenang, meski demikian pembayaran gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak akan terlambat. Dana sudah dianggarkan sebesar Rp 34 triliun dan dibayarkan pada bulan depan.

"Biasanya mengikuti tahun ajaran sekolah baru saja. Ini kan anak-anak mulai libur minggu depan, kemudian satu bulan, Juli. Tahun [ajaran] baru, sekolah sebelum itu biasanya kami cairkan," jelas Sri Mulyani kepada awak media, dikutip Jumat (17/6/2022).

Sri Mulyani mengatakan besaran anggaran pencairan gaji ke-13 PNS dan pensiunan sama seperti anggaran THR sebelumnya. "Persis seperti THR (Anggaran gaji ke-13)," kata Sri Mulyani melanjutkan.

Seperti diketahui, anggaran THR tahun lalu ditetapkan sebesar Rp 34,3 triliun. Dengan rincian, untuk PNS di antar kementerian/lembaga (K/L) sebesar Rp 10,3 triliun, kepada PNS daerah sebesar Rp 15 triliun dan untuk pensiunan sebesar Rp 9 triliun.

INFOGRAFIS, Cair, Ini Jadwal Pencairan Gaji ke-13 PNSFoto: Infografis/Gaji ke-13 PNS /Edward Ricardo
INFOGRAFIS, Cair, Ini Jadwal Pencairan Gaji ke-13 PNS

Dalam PMK Nomor 5 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan gaji ke-13, disebutkan bahwa besaran gaji ke-13 yang dibayarkan sama dengan komponen penghasilan yang diterima pada bulan Juni 2022.

Tahun ini, gaji ke-13 akan diberikan berdasarkan komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan, serta 50% tunjangan kinerja.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gaji ke-13 PNS Siap Cair, Tapi Kelompok Ini Nggak Dapet!


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading