Bukan Cuma Avanza, Mobil Ini Juga Bikin Xpander Keok

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
16 June 2022 17:55
New Xpander di acara GIIAS 2021. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: New Xpander di acara GIIAS 2021. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Honda Brio menjadi mobil terlaris di RI pada Mei 2022. Hatchback berukuran kecil ini bukan hanya mempecundangi Toyota Avanza sebagai mobil sejuta umat di RI, melainkan juga kompetitor utamanya Mitsubishi Xpander.

Sepanjang Mei 2022, Honda Brio mampu terjual sebanyak 4.121 unit, jauh mengungguli Xpander yang hanya terjual 1.438 unit (tidak termasuk Xpander Cross). Angka itu hanya membuat Xpander berada di posisi ke 8 mobil terlaris di RI.

Bahkan jika dikalkulasikan dengan penjualan Xpander Cross pun, mobil ini tetap kalah dari Brio karena hanya berhasil terjual 2.109 unit.


Berkaca pada bulan sebelumnya, Mitsubishi Xpander juga tidak mampu mengalahkan Honda Brio. Sepanjang April 2022, Brio berhasil terjual 4.897 unit dan berada di peringkat kedua mobil terlaris.

Sementara Xpander hanya terjual 2.880 unit dan membuatnya berada di peringkat 8. Jika dikalkulasikan dengan Xpander Cross, penjualannya masih kalah, yakni total 3.542 unit.

Selain Xpander, Avanza juga ikut menjadi 'korban'. Sebelumnya Avanza sempat menjadi yang terlaris beberapa bulan sebelumnya. Mobil sejuta umat ini harus terpental ke peringkat 10 dengan angka penjualan 1.766 unit pada Mei 2022. Saudaranya, Veloz, juga tertekan. Posisinya terjun bebas ke posisi ke-15 dengan penjualan 4.860 unit.

Honda Brio (Dok. Image Dynamics)Foto: Honda Brio (Dok. Image Dynamics)
Honda Brio (Dok. Image Dynamics)

Persaingan mobil terlaris antara Avanza dan Brio memang sengit setidaknya sejak 2020 saat pandemi. Catatan sejarah Honda Brio sebagai mobil terlaris kali pertama terjadi pada April 2020 yang mulai menggeser dominasi Avanza.

Kemudian puncaknya, Honda Brio (termasuk Brio RS dan LCGC Brio Satya) menjadi mobil yang paling laris di Indonesia sepanjang 2020. City car Honda tersebut terjual sebanyak 40.879 unit berdasarkan data penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Xpander Bekas Harganya Rebound, Tembus di Atas Rp 200 Juta


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading