Bukan Alphard, Tapi 'Penghancur' Alphard yang Harganya Murah!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
16 June 2022 09:20
Hyundai Staria Signature 9. (Hyundai Motors Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Persaingan mobil di pasar MPV Premium semakin sengit. Dimana raja di segmen ini Toyota Alphard  mendapat saingan baru yakni KIA Grand Carnival.

Uniknya mobil asal Korea Selatan itu memiliki kapasitas yang lebih besar, yakni mencapai 11 penumpang. Juga memiliki harga yang lebih murah.

Dimana konsumen bisa meminang mobil ini dengan harga Rp 808 juta untuk KIA Grand Carnival tipe Dynamic dan Rp 908 juta untuk tipe Premiere.


Sementara jika dibandingkan dengan Toyota Alphard tipe terendah yakni 2.5 X A/T dibanderol dengan harga Rp 1,14 miliar. Sedangkan kelas yang lebih tinggi Aplhard 3,5 Q A/T dibanderol Rp 1,577 miliar.

Meski lebih murah jauh dari Alphard, namun fitur di dalamnya pun tidak bisa dianggap sepele. Mobil ini dilengkapi beberapa fitur canggih, antara lain Smart Power Sliding Door, Remote One-touch Power Door & Liftgate, Power Tailgate Auto-close, dan Get On/Off Puddle Light.

Lalu ada pula fitur safety lainnya seperti Forward Collision-Avoidance Assist Junction Turning (FCA-JT) dan juga Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Selain bisa dibeli dengan tunai, diler KIA juga menawarkan opsi cicilan. Konsumen bisa memilih opsi tenor dari 11 bulan hingga 60 bulan.

KIA Grand Carnival. Mobil ini menjadi satu-satunya MPV yang mampu menampung 11 penumpang. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: KIA Grand Carnival. Mobil ini menjadi satu-satunya MPV yang mampu menampung 11 penumpang. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
KIA Grand Carnival. Mobil ini menjadi satu-satunya MPV yang mampu menampung 11 penumpang. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

"Syaratnya KTP, KK suami istri, NPWP, rekening 3 bulan terakhir, slip gaji, sama bukti aset kopiannya saja. Kalau data lengkap, 2-3 hari udah ada jawaban," kata tenaga penjual KIA kepada CNBC Indonesia, dikutip Kamis (9/6/22).

Pesaing Bertambah

Tak hanya KIA, pabrikan mobil asal Korea Selatan lainnya, yaitu Hyundai pun menambah ketat persaingan di Premium MPV penumpang 7  lebih. Kali ini, Hyundai Staria menawarkan segmen 9 penumpang. Mobil-mobil ini masuk ke Indonesia dan mencoba merebut 'kue' yang selama ini dikuasai Alphard dalam kelas MPV premium. Apalagi dari segi harga juga tergolong lebih rendah.

"Harga Staria Signature 9 untuk 9 penumpang harganya Rp 896 juta, kalau yang Staria Signature 7 di Rp 1,028 miliar," kata tenaga penjual Hyundai kepada CNBC Indonesia, Selasa (14/6/22).

mobil ini dipersenjatai mesin diesel 2.200 cc turbodiesel VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Tipe powertrain yang disematkan ini memungkinkan Staria memperoleh performa maksimal hingga 174 hp pada 3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm pada 1.500-2.500 rpm.

Hyundai Staria Kinder (ist/Hyundai Motors)Foto: Hyundai Staria Kinder (ist/Hyundai Motors)
Hyundai Staria Kinder (ist/Hyundai Motors)

Mobil ini memiliki banyak fitur buat menunjang kenyamanan, terutama untuk penumpang di baris keduanya.

Staria diklaim memiliki ukuran terbesar di kelasnya dengan lebar keseluruhan 1.997 mm dan panjang 5.253 mm. Jarak antar sumbu roda atau wheelbase 3.273 mm serta jarak tapak roda belakang atau rear wheel tread 1.732 mm.

Mobil ini juga memiliki tampilan berbeda dibanding rivalnya. Menurut Hyundai, inspirasi eksterior Staria diambil dari pesawat luar angkasa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Calon 'Penghancur' Alphard Muat 11 Orang, Lebih Mewah & Murah


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading