Internasional

Presiden Jerman Bakal Sowan ke Jokowi, Bahas Apa?

News - luc, CNBC Indonesia
15 June 2022 12:25
German President Frank Walter Steinmeier attends a ceremony to honor people for their services during the coronavirus pandemic with state's cross of merit at Bellevue Palace in Berlin, Germany, Friday, March 26, 2021. (AP Photo/Markus Schreiber, Pool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 15-17 Juni 2022.

Steinmeier akan disambut oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan untuk kemudian berbincang seputar masalah politik.

"Presiden Jerman juga akan bergabung dalam pertemuan dengan para pakar berbagai topik yang mencakup upaya Indonesia di bidang lingkungan hidup, iklim, dan energi," tutur Kedutaan Besar Jerman di Jakarta melalui keterangan resmi, Rabu (15/6/2022).


Sebelum berkunjung ke Indonesia, Steinmeier terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Singapura pada 13-15 Juni.

Ini adalah perjalanan besar pertama Steinmeier ke luar negeri dari masa jabatan keduanya. Adapun, dia terpilih kembali sebagai presiden pada Februari lalu.

Topik diskusi yang akan diangkat mencakup perang Ukraina dan konsekuensinya bagi tatanan dunia. Pembentukan hubungan ekonomi juga akan dibahas.

"Singapura dan Indonesia adalah mitra dekat dan dapat diandalkan dari Jerman dan Eropa," kata Steinmeier kepada kantor berita German Press Agency.

"Seperti kita, mereka berjuang untuk perdagangan yang adil, berdasarkan aturan dan terlibat dalam badan-badan internasional. Terlebih lagi, mereka telah mengambil sikap yang jelas tentang perang agresi Rusia melawan Ukraina," imbuhnya.

Perlu diketahui, tahun ini Indonesia memegang kepemimpinan G20, kelompok 20 perekonomian terbesar di dunia, sementara Jerman memegang kepemimpinan G7. Pada saat bersamaan, Jerman dan Indonesia juga merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada 2022.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Buka Pertemuan G20, Jokowi Ingin Dunia Hentikan Rivalitas!


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading