Reshuffle Kabinet Jokowi: Zulhas Mendag, Hadi Menteri ATR?

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
15 June 2022 08:00
Pernyataan Presiden RI terkait Vaksinasi Covid-19, Istana Merdeka, (30/5/2022). (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden RI) Foto: Pernyataan Presiden RI terkait Vaksinasi Covid-19, Istana Merdeka, (30/5/2022). (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik dua menteri dan tiga wakil menteri Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Rabu (15/6/2022). Pelantikan akan digelar siang ini di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sumber CNBC Indonesia di ring 1 pemerintahan menyebutkan, Jokowi akan melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Zulkifli akan menggantikan posisi Muhammad Lutfi yang baru dua tahun menjabat.

Selain itu, Jokowi juga akan melantik eks Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai anggota kabinet. Hadi akan dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang, menggantikan posisi Sofyan Djalil yang sudah malang melintang menjabat sebagai menteri di kabinet Jokowi.


Selain kedua menteri, Jokowi akan melantik tiga orang wakil menteri. Satu nama baru yang hampir pasti dilantik adalah Raja Juli Antoni, politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ia akan mengisi posisi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang, menggantikan Surya Tjandra yang juga politisi PSI.

Sementara untuk dua posisi wakil menteri lainnya disebutkan akan diisi oleh Partai Gerindra. Namun, sumber CNBC Indonesia menyebutkan, masih ada satu wakil menteri petahana yang bertahan, di mana posisinya hanya bergeser ke kementerian lainnya.

Nama yang dimaksud adalah John Wempi Wetipo, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Posisi Wempi akan bergeser menjadi Wakil Menteri Menteri Dalam Negeri.

Belum diketahui secara pasti, posisi Wakil Menteri PUPR akan dikosongkan atau diisi oleh pejabat lainnya. Namun, satu posisi Wakil Menteri digadang-gadang akan diisi oleh partai Gerindra.

Sebelumnya, kemarin, sejumlah tokoh terpantau mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta jelang perombakan kabinet.

Mereka antara lain Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Chandra, dan mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Zulhas & Hadi Tjahjanto Masuk Kabinet, Jadi Menteri Apa?


(cha/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading