Dicap Sebagai 'Menteri Segala Urusan', Luhut Buka Suara

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
10 June 2022 09:05
Keterangan Pers Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Kantor Presiden, Senin (4/4/2022. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan kembali menekankan kalau sederet amanah yang diembannya merupakan penugasan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Amanah-amanah itu juga selaras dengan fungsi Kemenko Marves yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) 92/2019. Semua itu dibeberkan Luhut dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat.


"Saya ingin satu garisbawahi. Jadi jangan saya dipikir ngurusin semua, tidak pak. Saya ngurusin semua di bidang saya dan yang diperintahkan presiden. Saya ulangi diperintahkan presiden," katanya.



Menurut Luhut, usianya pun sudah tidak muda lagi, yaitu 75 tahun. Sehingga dia pun tahu diri. "Jadi ya kalau saya bisa kerjain saya kerjain," ujarnya.



Luhut mengatakan, perpres tersebut pun telah membatasi kerja-kerja menko marves. Salah satu poin krusial adalah poin (i) yang berbunyi "pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh presiden".



"Jadi saya melaksanakan perintah presiden saja. Kenapa presiden mau memberikan itu ya tanya presiden. Penugasan presiden kepada menko marves itu macam-macam ya beliau suruh ya saya kerjain itu aja," ujar Luhut.


"Tapi sampai hari ini saya pikir tidak ada yang saya tidak deliver apa yang diberikan oleh presiden. Itu saya pikir saya bisa jamin pada bapak ibu sekalian. Karena kalau saya tidak bisa saya akan bilang kepada bapak presiden, mungkin bapak presiden berikan kepada yang lain," lanjutnya.

Jokowi sendiri terungkap memberikan 27 penugasan khusus kepada Luhut. Puluhan tugas dari Jokowi sempat ditampilkan Luhut dalam materi presentasinya.

"Penugasan dari Presiden kepada Menko Marves itu seperti slide ini. Macam-macam. Beliau suruh saya kerjain," kata Luhut.

Adapun dalam materi presentasinya itu, ada dua slide yang berisi penugasan Jokowi. Mulai dari dukungan terkait Presidensi G20, Food Estate, hingga Pengendalian Tol Laut.

Berikut 27 Tugas yang Diberikan Jokowi kepada Luhut:

Paparan KemenkoFoto: Paparan Kemenko

Paparan KemenkoFoto: Paparan Kemenko


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PPKM Jabodetabek, Bandung Raya, Bali, dan DIY Naik Level 3


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading