Mencari Eril Jadi Prioritas, Tak Ada Batas Waktu Pencarian

News - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 May 2022 14:49
Dubes Indonesia untuk Swiss Muliaman D. Hadad (tengah) Foto: Dubes Indonesia untuk Swiss Muliaman D. Hadad (tengah)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim SAR di Sungai Aare Swiss memastikan pencarian anak sulung Gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril jadi prioritas mereka.

Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad dalam konferensi pers, Sabtu (28/5/2022).

"Tim SAR mengatakan upaya pencarian Eril merupakan prioritas mereka saat ini. Mereka masih terus mengupayakan proses pencarian dengan berbagai macam metode," kata Muliaman.

Dia mengatakan tidak ada spesifik batas maksimum pencarian Eril dihentikan. Tim SAR mengatakan pencarian ini jadi bagian tugas mereka memantau keamanan sungai.

"Tidak ada spesifik batas maksimum kapan pencarian dihentikan. Kemarin bertemu tim SAR, mereka merasa polisi sungai mengatakan menjadi tugas memantau keamanan sungai," jelasnya.

"Mereka tidak mengatakan beberapa hari tidak ditemukan (maka pencarian) akan dihentikan. Pencarian berlangsung setiap hari karena sudah tugasnya."

Muliaman menjelaskan terdapat kritikal waktu dalam upaya pencarian, yakni tiga hari. Biasanya dalam periode tersebut biasanya sering ditemukan. Namun mayoritas kasus ditemukan dalam tiga minggu.

Berselang tiga hari setelah Eril terseret arus dan menghilang pada Kamis (26/5/2022), pencarian tim SAR dilakukan kembali pada Sabtu pagi ini waktu setempat. Pencarian akan dilakukan lebih insentif hari ini dengan perahu hingga drone.

Pada akhir pekan, Tim SAR menginformasikan probabilitasnya juga lebih tinggi. Hal ini karena hari Sabtu dan Minggu akan lebih banyak orang yang ada di sungai Aare.

"Biasanya hari libur Sabtu dan Minggu, hampir semua orang terjun ke sungai. Petugas SAR dibantu orang-orang itu yang datang ke sungai. Kita memperoleh laporan bukan hanya dari polisi tapi dari masyarakat, tentunya yang ada di permukaan (sungai) atau terlihat mudah oleh masyarakat. Kita terus berdoa semoga Sabtu-Minggu ini ada perkembangan lebih baik," kata Muliaman.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kronologi Lengkap Anak Ridwan Kamil Hilang di Swiss


(npb/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading