Siap-siap! Dimulai Juni, Luhut Audit Semua Perusahaan Sawit

News - Ferry Sandi & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 May 2022 12:02
4 Syarat berinvestasi di RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan perihal tugas baru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menuntaskan permasalahan terkait minyak goreng. Dia mengeklaim akan melakukan audit terhadap semua perusahaan kelapa sawit.

"Nanti kita audit semua (perusahaan) kelapa sawit yang belum pernah sepanjang sejarah kita lakukan," ujar Luhut kepada wartawan seusai acara evaluasi aksi afirmasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Audit itu meliputi luas lahan, hak guna usaha (HGU), produksi hingga kantor pusat. Khusus untuk kantor pusat, Luhut bilang tidak boleh ada kantor pusat perusahaan kelapa sawit di luar wilayah NKRI.

"Harus di Indonesia supaya pajaknya," katanya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan kalau audit akan dilakukan mulai bulan depan.

"Segera, awal Juni. Jadi dengan demikian makin tertib," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga memastikan situasi perihal minyak goreng sudah kondusif. Hal itu ditandai dengan suplai memadai sehingga harga pun mulai turun.

"Kita pastikan distribusi jalan, penyaluran jalan, pengawasan jalan oleh Satgas Pangan," kata Luhut.

Sebelumnya, Luhut mengungkapkan tugas baru dari Jokowi untuk menuntaskan permasalahan terkait minyak goreng dalam acara Dies Natalis GAMKI ke-60 yang ditayangkan via akun Youtube GAMKI Balikpapan, 21 Mei 2022.

Mulanya, dia menceritakan pengalamannya dalam menangani pandemi Covid-19. Seperti diketahui, Luhut merupakan Koordinator PPKM Jawa-Bali.

"Kenapa itu bisa? Karena kita kerjakan dengan kompak, kita kerjakan dengan data," katanya.

Luhut kemudian bercerita perihal amanah tambahan Jokowi untuk menangani masalah seputar minyak goreng.

"Sekarang saya nanganin juga nih masalah apa minyak goreng, saya perintah presiden. Kita sudah ketemu bentuknya ya. Mudah-mudahan insya allah ini akan bisa terselesaikan dengan cepat," ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut bilang kalau bekerja dengan hati yang benar dan hati yang tulus, maka tidak ada yang tidak bisa terselesaikan.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dapat Tugas Baru, Ini 13 Jabatan Luhut di Era Presiden Jokowi


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading