Internasional

Zelensky 'Ngebet' Ketemu Langsung dengan Putin, Ini Alasannya

News - luc, CNBC Indonesia
24 May 2022 12:00
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara selama konferensi media di KTT Kemitraan Timur di Brussels, Rabu (15/12/20221).  (Johanna Geron/ Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terus mendesak agar perang di negaranya yang disebabkan oleh serangan Rusia diakhiri.

Untuk mencapai hal tersebut, dia menyatakan ingin bertemu dengan pihak Rusia untuk membahas bagaimana perang dapat diakhiri. Namun, dia hanya ingin bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.


Melalui video yang disiarkan dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Zelensky mengatakan bahwa mengatur setiap pembicaraan dengan Rusia menjadi lebih sulit. Hal itu seiring dengan dugaan kejahatan perang yang dilakukan Rusia di Ukraina.

Adapun, Rusia membantah menargetkan warga sipil dalam apa yang disebutnya "operasi khusus" untuk menurunkan kemampuan militer Ukraina.

"Presiden Federasi Rusia yang memutuskan semuanya," kata Zelensky, mengutip Reuters Selasa (24/5/2022). "Jika kita berbicara tentang mengakhiri perang ini tanpa dia secara pribadi, keputusan itu tidak dapat diambil."

Zelensky mengatakan penemuan pembunuhan massal di daerah-daerah yang diduduki oleh pasukan Rusia pada awal perang, khususnya di luar Kyiv, membuat lebih sulit untuk mengatur pembicaraan dan dia akan mengesampingkan diskusi dengan pejabat lain.

"Saya tidak bisa menerima pertemuan apapun dengan siapapun yang datang dari Federasi Rusia selain presiden, dan hanya untuk membahas penghentian perang," tegasnya.

Perlu diketahui, para perunding Rusia dan Ukraina telah mengadakan pembicaraan secara sporadis sejak pasukan Rusia menyerbu Ukraina pada akhir Februari, tetapi kedua belah pihak mengatakan pembicaraan terhenti.

Zelensky pun mengatakan kepada televisi Ukraina pekan lalu bahwa tidak mungkin menghentikan perang tanpa melibatkan semacam diplomasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Peringati PD II, Presiden Ukraina Yakin Menang atas Rusia


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading